Pengamat Dukung Pemisahan Ditjen Pajak Kemenkeu

Annisa ayu artanti    •    Selasa, 18 Aug 2015 15:08 WIB
pajak
Pengamat Dukung Pemisahan Ditjen Pajak Kemenkeu
Gedung Pajak (MI/ANGGA YUNIAR)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengamat Kebijakan Publik dari Prakarsa AH Maftuchan menilai pemisahan Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dari Kemenkeu merupakan langkah yang baik. Apalagi, sudah dari dulu pemisahan ini memang dianjurkan dalam rangka mengoptimalkan penerimaan pajak.

"Kami sedari dulu mendorong dan mendesak pemerintah dalam hal ini Presiden untuk memisah Ditjen Pajak Kemenkeu dari Kementerian Keuangan, dalam kerangka reformasi kelembagaan fiskal," kata Mahfuchan, dalam sebuah diskusi, di Kedai Kopi Deli Sarinah, Jalan Sunda, Jakarta, Selasa (18/8/2015).

Menurutnya, pemisahan menjadi penting mengingat hal itu sudah menjadi janji Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat kampanye. Saat itu, Presiden Jokowi memiliki komitmen untuk memisahkan Ditjen Pajak Kemenkeu. Bahkan, sudah ada kesepakatan di 2017 terkait hal tersebut.

"Ada kesepakatan di 2017 akan dimulai pemisahan tersebut menjadi Badan Penerimaan Negara," jelas dia.

Ia pun mengapresiasi langkah pemisahan ini. Namun, ia meminta agar pemisahan ini dilakukan secara hati-hati mengingat ada beberapa hal yang harus dilakukan dalam proses transisi agar tidak terjadi guncangan yang tidak diinginkan, termasuk berdampak kepada penurunan penerimaan pajak.

"Yang perlu segera dipersiapkan bagaimana transisinya. Ada tidak upaya-upaya transisional yang dilakukan Kementerian Keuangan dan Ditjen Pajak agar ketika perubahan itu terjadi tidak guncang dan tidak justru menurunkan permintaan. Nah, itu yang perlu diantisipasi," tegas dia.

Adapun beberapa langkah antisipasi, ia menuturkan, pertama adalah terkait dengan regulasi. Kedua, personel atau staf kedua lembaga tersebut. Ketiga, penambahan kantor sendiri. "Tanpa ada dukungan itu, saya rasa berat. Karena dengan adanya badan sendiri kan targetnya meningkat," pungkas dia.


(ABD)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

10 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA