Raut Ceria Mahasiswa Baru di Ospek UGM

Patricia Vicka    •    Selasa, 18 Aug 2015 15:30 WIB
Raut Ceria Mahasiswa Baru di Ospek UGM
Kegiatan orientasi mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM), Selasa (18/8/2015). (Metrotvnews.com/Patricia Vicka)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Raut tegang, bahkan takut, umumnya tampak pada mahasiswa baru (maba) ketika pertama kali masuk dunia perguruan tinggi. Utamanya, ketika mereka dengar kata 'ospek'.

Bayangan tentang susahnya mencari benda-benda yang ditugaskan kakak tingkat hingga bentakan-bentakan para senior, langsung bermunculan.

Namun, pemandangan itu hampir tak tampak pada kegiatan orientasi studi dan pengenalan kampus (Ospek) di Universitas Gajah Mada (UGM). Dalam kegiatan bertajuk Pelatihan Pembelajaran Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) Palapa, tak ada kekerasan dan hukuman dari para panitia pada maba UGM. 

Seperti tampak pada sesi perkenalan kampus di salah satu fakultas di Kampus Bulak Sumur tersebut.
Maba justru terlihat ceria dan antusias. Satu per satu maba memperkenalkan diri dengan dibumbui cerita tentang kekhasan daerah asalnya. 

"Tugasnya engga berat. Hanya diminta membuat esai dan blog serta beberapa tugas kelompok. Engga ada hukuman juga kalau kami buat salah. Paling hanya mendapat teguran dari kakak panitia," ujar Winie Susanto, maba pada Program Studi Ilmu Filsafat, Fakultas Filsafat di UGM Yogyakarta, Selasa (18/8/2015).

Keriaan juga dirasakan Aisyah, teman satu kelompok Winie. Ia merasa keberadaan seniornya justru sangat membantu mahasiswa baru. 

"Kakak panitia engga galak. Mereka malah membimbing kami selama ospek dan membantu kami saat mengalami kesulitan," tutur alumnus SMK 1 Bantul ini.

Wakil Ketua Pelaksana PPSMB UGM Gagak Dony Satria mengatakan kegiatan orientasi tahun ini dibuat berbeda format dengan pelaksanaan ospek sebelum-sebelumnya. "Dengan tema Integritas Keilmuan Menyambut ASEAN Community dengan semangat Pancasila, kami ingin mempersiapkan mahasiswa baru agar bisa berprestasi di MEA nanti," kata Gagak.

PPSMB Palapa UGM 2015 mulai digelar 18 hingga 23 Agustus. Orientasi ini diikuti 9.500 mahasiswa baru dari 18 fakultas tingkat sarjana.

Selain pengenalan kampus, panitia mendesain kegiatan ini sebagai sarana untuk gali potensi dan pengembangan soft skill maba. "Ini dilakukan untuk bekal mahasiswa di masa mendatang," tutupnya.
(SAN)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

6 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA