JK Ingin Pelajar Pahami Konstitusi, Bukan Cuma Hafal

Dheri Agriesta    •    Selasa, 18 Aug 2015 16:01 WIB
jusuf kalla
 JK Ingin Pelajar Pahami Konstitusi, Bukan Cuma Hafal
Wakil Presiden Jusuf Kalla. Foto: Kazuhiro Nogi/AFP

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan konstitusi bagi pelajar bukan hanya untuk dihafal. Pelajar wajib memahami makna yang terkandung dalam konstitusi. 

"Bagi anak-anak ku yang hadir di sini, yang mengikuti cerdas cermat, jangan menampakkan kecerdasan tapi harus menyebarkan kesepakatan bangsa di manapun berada," kata JK dalam sambutan pembukaan lomba cerdas cermat di Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (18/8/2015).

Sebab, kata dia, kesepakatan yang menjadi landasan bangsa cukup penting. JK mengungkapkan suatu bangsa tak dapat berjalan baik tanpa kesepakatan.

"Di sini kalian bukan untuk demonstrasikan penghapalan dan kecerdasan. Tapi bagaimana kalian memahami kesepakatan berbangsa, artinya bagaimana menjaga UUD dan bagaimana menjadikan UUD itu sebagai falsafah," pungkas JK.

Tak hanya JK, di acara itu tampak pula Ketua MPR Zulkifli Hasan, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid dan Politikus Partai Demokrat Ruhut Sitompul. Selain itu hadir Menteri Hukum dan Gak Asasi Manusia Yasonna Laoly, Menteri Agraria Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan, dan Menteri Kesehatan Nila F Moeleok.

Final lomba cerdas cermat ini diikuti tiga sekolah, SMA Negeri 1 Mojokerto Jawa Timur, SMA Negeri 1 Ciomas Banten, SMA Negeri 1 Wonosobo Jawa Tengah.


(KRI)