Ledakan Kuil di Bangkok

Ini Foto Tersangka Ledakan Bangkok

Willy Haryono    •    Selasa, 18 Aug 2015 17:56 WIB
ledakan bangkok
Ini Foto Tersangka Ledakan Bangkok
Foto dari rekaman CCTV memperlihatkan tersangka ledakan bom di luar Kuil Erawan, Bangkok, Thailand, yang dirilis kepolisian pada Selasa (18/8/2015). (Foto: AFP / THAI POLICE)

Metrotvnews.com, Bangkok: Junta militer Thailand mengklaim sudah mengidentifikasi tersangka pelaku peledakan bom di luar area Kuil Erawan di Bangkok, Thailand. 

Tersangka tertangkap kamera CCTV berada di sekitar lokasi kejadian. Meski gambarnya kurang begitu jelas, tersangka terlihat mengenakan kaus berwarna kuning. 

Beberapa media lokal Thailand menyebut tersangka dalam foto tersebut terlihat seperti berwajah 'Arab.'

Disebut sebagai "serangan terburuk" dalam sejarah Thailand, kepala junta militer Prayut Chan-o-Cha memberikan indikasi pertama terkait tersangka pengeboman. 

"Hari ini, ada seorang tersangka yang terlihat dalam rekaman CCTV, tapi gambarnya kurang jelas. Kami sedang mencari pria ini," ucap Prayut kepada awak media, seperti dikutip channelnewsasia.com, Selasa (18/8/2015). 

Prayut meyakini tersangka berasal dari sebuah "grup anti-pemerintah yang bermarkas di wilayah timur laut Thailand." Wilayah tersebut adalah jantung pergerakan Kaus Merah yang selama ini menentang junta militer Thailand.

Bangkok dilanda ketegangan politik berbahaya selama bertahun-tahun. Junta militer menguasai Thailand setelah menggulingkan pemerintahan Perdana Menteri Yingluck Shinawatra. 

Kaus Merah adalah jaringan akar rumput dari area pegunungan dan urban yang setia terhadap Yingluck dan kakaknya, Thaksin Shinawatra. Thaksin adalah mantan PM.

Komentar Prayut mengindikasikan investigasi ledakan kini diarahkan terhadap grup loyalis Shinawatra ketimbang separatis Muslim di wilayah selatan Thailand. 

Hingga saat ini, belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas ledakan yang menewaskan 22 orang dan melukai 123 lainnya itu. 



(WIL)

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

3 hours Ago

Azmin akan menjadi saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiha…

BERITA LAINNYA