Polwan-Polwan Ini Siap Tangkap Penjahat di Surabaya

Amaluddin    •    Selasa, 18 Aug 2015 18:08 WIB
polisi
Polwan-Polwan Ini Siap Tangkap Penjahat di Surabaya
Polwan anggota Polrestabes Surabaya tunjukkan segway sebagai sarana transportasi dalam Patroli Srikandi. (Metrotvnews.com/Amalludin)

Metrotvnews.com, Surabaya: Kepolisian Resort Kota Besar (Polrestabes) Surabaya akan menerjunkan 120 polisi wanita (polwan) di titik-titik rawan kejahatan di Surabaya, Jawa Timur. Langkah ini merupakan bagian dari program Patroli Srikandi.

Kopolrestabes Surabaya, Kombes Yan Fitri, mengatakan 120 polwan tersebut sudah dibekali kemampuan bela diri dengan senjata laras panjang.

Nantinya, kata dia, Polwan tersebut ditugaskan untuk amankan wilayah-wilayah rawan kejahatan di Kota Surabaya. Selain itu, para srikandi polisi juga disiagakan di mal-mal dengan dilengkapi alat transportasi Segway

"Mereka akan berpatroli di wilayah-wilayah rawan, juga di mal-mal. Tidak hanya patroli dengan roda empat di jalan-jalan, tapi juga dengan Segway di mal-mal. Mereka tidak hanya dilatih kemampuan bela diri, tapi juga dilengkapi senjata laras panjang," kata Yan, saat peluncuran Program Patroli Srikandi di Tunjungan Plaza, Surabaya, Selasa (18/8/2015). 

Menurut Yan, program Patroli Srikandi merupakan pengembangan dari instruksi Mabes Polri untuk tetap memberi rasa aman dan nyaman bagi masyarakat. Yakni, dengan terjun langsung ke lapangan. 

"Dengan semangat Revolusi Mental dari ‎Bapak Presiden (Joko Widodo) kita akan menghijaukan Kota Surabaya dengan menghadirkan Patroli Srikandi untuk masyarakat," ucap Yan.


(SAN)