KPPU Bentuk Tim Ungkap Kartel Daging Sapi

Gervin Nathaniel Purba    •    Selasa, 18 Aug 2015 19:16 WIB
daging sapiimpor sapi
KPPU Bentuk Tim Ungkap Kartel Daging Sapi
Ilustrasi -- FOTO: Antara/Zabur Karuru

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) sepakat membawa masalah kartel daging sapi sebagai perkara baru.

Ketua KPPU M Syarkawi Rauf mengatakan, kartel daging sapi akan masuk dalam persidangan di KPPU. Oleh karena itu, KPPU akan membetuk tim majelis yang terdiri dari lima orang.

"KPPU akan membentuk tim majelis yang terdiri dari lima orang. Semuanya berasal dari internal KPPU dan semuanya dipilih oleh sembilan komisioner," ujar Syarkawi Rauf ketika ditemui di kantor KPPU, Jakarta, Selasa (18/8/2015).

Ketua KPPU itu berharap majelis tersebut diharapkan sudah terbentuk dalam waktu dekat. "Tim majelis akan  dibentuk sesegera mungkin. Seminggu dua minggu ke depan akan dilakukan," ungkap dia.

Selain itu, tambah dia, pada sidang nanti investigator akan membaca laporan investigasinya terkait adanya dugaan kartel. Setelah itu mendengarkan tanggapan dari substansi yang diduga melakukan kartel.

"Setelah mendengar tanggapan, tim majelis akan rapat koordinasi dalam memutuskan kebenaraan dari dugaan kartel itu," katanya.

Nantinya, pemeriksaan dilakukan selama 60 hari. Kemudian jika ada lanjutan maka akan diperpanjang selama 30 hari. Barulah selanjutnya majelis komisi yang menangani perkara akan melakukan musyawarah selama 30 hari.

"Jadi totalnya selama 150 hari kerja. Kalau dihitung selama delapan bulan," ungkap dia.

Namun demikian, saat ini Ketua KPPU itu masih enggan menyebutkan siapa saja yang terlibat dengan kartel daging. Adapun hal itu akan disampaikan oleh tim majelis.


(AHL)