Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2015

"Sayang Sekali Owi/Butet Kalah di Semifinal"

Krisna Octavianus    •    Selasa, 18 Aug 2015 21:20 WIB
kejuaraan dunia bulu tangkis
Yuni Kartika (Foto: Dok. PBSI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kekalahan Tomtowi Ahmad/Liliyana Natsir di semifinal Kejuaraan Dunia 2015 disesalkan oleh Humas Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Yuni Kartika. Faktor tidak dianungi keberuntungan menurutnya menjadi penyebab kekalahan Owi/Butet.

Owi/Butet kalah dari lawan yang akhirnya menjadi juara dunia 2015, Zhang Nan/Zhao Yunlei di babak empat besar. Sebenarnya, mereka punya peluang untuk lolos ke final saat di game pertama sudah menang dan di game kedua unggul 20-19.

Namun, bola tanggung di depan net gagal dimanfaatkan Owi untuk menjadi poin. Pengembaliannya malah menyangkut di net dan membuat game kedua malah dimenangi oleh Zhang/Zao 23-21. Faktor mental yang sudah jatuh akibat kesalahan di game kedua membuat Owi/Butet akhirnya menyerah di game ketiga dengan skor 12-21.

Kekalahan ini disesalkan oleh Yuni Kartika selaku Humas PBSI. Sejak awal, sektor ganda campuran diharapkan bisa memberikan gelar juara tapi kenyataannya meleset.

"Ganda campuran (Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir) sayang tak bisa lolos ke final. Owi/Butet hanya masalah keberuntungan saja," Yuni Kartika saat berbincang dengan Metrotvnews.com di kantor Metro TV, Jakarta, Selasa (18/8/2015).

"Mereka kalah karena kurang beruntung saja padahal bola sudah tanggung (di game kedua). Mereka suka begitu padahal secara kualitas (dengan Zhang/Zao) mereka seimbang," sambung Yuni.

Hasil ini membuat Owi/Butet tak bisa mengulangi raihan Kejuaraan Dunia 2013. Kala itu mereka berhasil juara dengan mengalahkan Xu Chen/Ma Jin asal Tiongkok. 


(KRS)