Survei: 48 Persen Konsumen Berhenti Pakai Apple Music

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 19 Aug 2015 09:35 WIB
apple music
Survei: 48 Persen Konsumen Berhenti Pakai Apple Music
Survei menunjukkan banyak pengguna Apple Music yang berhenti menggunakan layanan ini.

Metrotvnews.com: MusicWatch melakukan riset pada 5.000 pengguna Apple Music di AS. Berdasarkan survei tersebut, mereka menemukan bahwa 48 persen responden yang telah mencoba menggunakan Apple Music memutuskan berhenti menggunakannya, bahkan sebelum masa pemakaian gratis mereka berakhir.

Banyak orang yang ingin tahu seberapa populer Apple Music, dan apakah mereka yang telah mencoba Apple Music akan tetap menggunakan layanan streaming musik ini setelah masa gratisnya habis. The Verge Apple menyebutkan bahwa 78 persen pengguna Apple Music masih menggunakan layanan Apple Music.

Seperti disebutkan Engadget, pernyataan ini Apple keluarkan untuk menyangkal hasil survei dari MusicWatch, sebuah perusahaan riset menyangkut industri musik.

Survei MusicWatch ini juga menunjukkan bahwa kemungkinan, akan ada lebih banyak pengguna yang berhenti menggunakan Apple Music. Hal ini terbukti karena 61 persen responden mengaku telah mematikan fitur auto-renewal.

Hasil riset ini muncul beberapa waktu setelah Wakil Presiden Senior Apple Eddy Cue menyebutkan, ada lebih dari 11 juta orang telah menggunakan Apple Music

Meskipun begitu, MusicWatch mengakui bahwa survei yang mereka lakukan tidak dapat dijadikan tolok ukur kesuksesan Apple Music. Russ Crupnick, Managing Partner MusicWatch berkata, "Saya rasa, hasil survei kami tidak dapat menjadi gambaran dari kualitas layanan streaming musik dari Apple ini." 

Dia juga menyebutkan, tidak tertutup kemungkinan, 48 persen pengguna yang berhenti menggunakan Apple Music akan kembali menggunakannya.

"Sebagian dari mereka mungkin saja kembali menggunakan Apple Music, atau mungkin, mereka memang hanya pengguna kasual," kata Crupnick.


(ABE)