On This Day

On This Day: Awal Kisah Hebat The Non-Flying Dutchman Bersama Arsenal

Hilman Haris    •    Rabu, 19 Aug 2015 08:52 WIB
pada hari ini
<i>On This Day</i>: Awal Kisah Hebat The Non-Flying Dutchman Bersama Arsenal
Dennis Bergkamp meraih beragam prestasi selama 11 musim membela Arsenal (Foto: dok TDIFH)

Metrotvnews.com, London: 19 Agustus 1995 menjadi penanda awal dari sejarah panjang Dennis Bergkamp bersama Arsenal. Walau debutnya di Stadion Highbury hanya berakhir dengan hasil imbang 1-1 kontra Middlesbrough, sinar Bergkamp tak lantas meredup. Buktinya, suporter tetap memberikannya aplaus seusai laga. Fan Arsenal seolah menyadari ada sesuatu yang spesial dalam diri Bergkamp setelah melakoni laga itu.

Enam laga dilalui Bergkamp tanpa mencetak gol untuk The Gunners. Namun, ia tetap mendapat kepercayaan dari manajer Arsenal pada saat itu, Bruce Rioch untuk tampil sejak menit pertama. 

Kepercayaan Rioch tak disia-siakan oleh Bergkamp. Pada laga ketujuh, striker yang dibeli dari Inter Milan dengan harga 7,5 juta poundsterling itu mencetak satu gol saat Arsenal menang 4-2 atas Southampton pada 23 September 1995.

Performa Bergkamp makin mengilap sejak saat itu. Tak hanya piawai mencetak gol, pesepak bola yang dijuluki The Non-Flying Dutchman karena fobia naik pesawat terbang itu juga andal dalam mencetak assist serta  membuka ruang di antara pertahanan lawan. Atas semua atribut itu, tak heran jika manajer Arsenal, Arsene Wenger sampai menyebut Bergkamp sebagai striker paling komplet di dunia.

Bergkamp mencetak 120 gol dan melakoni 411 laga selama membela Arsenal. Sejak debut pada 19 Agustus dan pensiun pada akhir musim 2005--2006, Bergkamp berhasil mengoleksi 10 gelar domestik untuk Arsenal serta sembilan penghargaan individu.

The Gunners tak begitu saja melupakan jasa-jasa Bergkamp. Sebagai bentuk rasa terima kasih sekaligus untuk mengenang jasa sang legenda, Arsenal memutuskan untuk membuat patung Bergkamp di depan Stadion Emirates, di Kota London, Inggris. Patung itu secara resmi berdiri di markas Arsenal sejak Februari 2014 lalu.

">http://


(HIL)

Nasib Praperadilan Novanto

Nasib Praperadilan Novanto

53 minutes Ago

Secara materil gugatan praperadilan Novanto gugur sebagaimana disebutkan dalam Pasal 82 Ayat 1 …

BERITA LAINNYA