Ledakan Kuil di Bangkok

Polisi Thailand: Pria di CCTV adalah Pelaku Ledakan Bangkok

Willy Haryono    •    Rabu, 19 Aug 2015 09:09 WIB
ledakan bangkok
Polisi Thailand: Pria di CCTV adalah Pelaku Ledakan Bangkok
Foto dari rekaman CCTV memperlihatkan tersangka ledakan bom di luar Kuil Erawan, Bangkok, Thailand, yang dirilis kepolisian pada Selasa (18/8/2015). (Foto: AFP / THAI POLICE)

Metrotvnews.com, Bangkok: Kepolisian Thailand memeriksa rekaman kamera CCTV yang memperlihatkan seorang pria berbaju kuning di lokasi ledakan dahsyat di luar Kuil Erawan, Bangkok. 

Kepala junta militer Prayut Chan-o-Cha menyebut pria tersebut sebagai tersangka, yang diduga berasal dari grup anti-pemerintah. Namun kepolisian merasa yakin orang itu adalah pelakunya. 

"Pria berbaju kuning bukan hanya tersangka. Dia adalah pelaku pengeboman," ucap juru bicara kepolisian Thailand Letnan Jenderal Prawut Thavornsiri kepada Associated Press, Selasa (18/8/2015).

Prawut merilis beberapa foto pria berbaju kuning itu, baik yang sedang menggendong tas maupun tidak, di media sosial. Serangkaian foto diambil dari rekaman CCTV di lokasi kejadian, beberapa saat sebelum ledakan terjadi. 

Warga Bangkok kembali dibuat khawatir setelah terjadinya ledakan kedua di Sathorn Pier, area yang juga kerap dipenuhi turis asing. Tidak ada yang terluka dari ledakan kedua ini.  

Disebut sebagai "serangan terburuk" dalam sejarah Thailand, kepala junta militer Prayut Chan-o-Cha memberikan indikasi pertama terkait tersangka pengeboman. 

"Hari ini, ada seorang tersangka yang terlihat dalam rekaman CCTV, tapi gambarnya kurang jelas. Kami sedang mencari pria ini," ucap Prayut kepada awak media.

Prayut meyakini tersangka berasal dari sebuah "grup anti-pemerintah yang bermarkas di wilayah timur laut Thailand." Wilayah tersebut adalah jantung pergerakan Kaus Merah yang selama ini menentang junta militer Thailand.

Bangkok dilanda ketegangan politik berbahaya selama bertahun-tahun. Junta militer menguasai Thailand setelah menggulingkan pemerintahan Perdana Menteri Yingluck Shinawatra. 

Kaus Merah adalah jaringan akar rumput dari area pegunungan dan urban yang setia terhadap Yingluck dan kakaknya, Thaksin Shinawatra. Thaksin adalah mantan PM.



(WIL)