Review Casing

BitFenix Neos, Stylish, Tapi Minim Sirkulasi

Mohammad Mamduh    •    Rabu, 19 Aug 2015 10:54 WIB
review peripheral
BitFenix Neos, Stylish, Tapi Minim Sirkulasi
Casing BitFenix Neos

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat kita hendak membeli casing PC, pertimbangannya tak lagi hanya ukuran dan harganya. Beberapa produsen juga menyematkan berbagai desain yang menarik.

BitFenix merupakan salah satu produsen casing yang merilis produk teranyar dengan kriteria semacam ini, salah satunya adalah Neos.

Bergaya, itulah kesan pertama yang muncul ketika saya melihat BitFenix Neos. Casing yang kami terima ini dibalut dengan warna putih yang berpadu dengan ungu di panel depannya. Warna putih tersebut sepenuhnya mendominasi casing. Bagian panel kirinya juga dilengkapi dengan jendela. Perlu diketahui bahwa BitFenix Neos hadir dalam dua versi, versi tanpa jendela atau menggunakan window panel.



Sementara itu, panel depan yang dilapis warna ungu tadi mengusung desain sarang lebah demi fungsi sirkulasi. Di pinggiran panel atas ini tertanam semua tombol perintah utama casing, mulai dari tombol power, reset, port jack audio dan mikrofon 3,5 inci, indikator PC menyala dan loading, serta satu port USB 2.0 dan USB 3.0.



Beralih ke fitur utama, BitFenix Neos menyediakan drive bay untuk SSD dan HDD yang mencukupi, dan semuanya mengusung konsep tool-less. Ya, casing ini menyediakan masing-masing 3 slot untuk SSD 2,5 inci dan HDD 3,5 inci yang menghadap panel samping.

Posisi ini tentunya mempermudah pemasangan media penyimpanan. Pada sisi atasnya, terdapat tiga slot drive bay 5,25 inci, dua di antaranya sudah dilengkapi dengan pengunci ringkas. Terdapat pula celah khusus pada setiap drive bay untuk keperluan cable management.



Casing ini menyediakan tempat penyimpanan PSU di bawah. Bagian PSU ini juga sudah dilengkapi penyaring debu. Tidak hanya satu, BitFenix Neos juga menyediakan penyaring debu pada panel depan, antara panel dengan slot untuk kipas 120 mm. Selain menggunakan pendingin kipas, casing ini juga menyediakan ruang untuk pemasangan radiator mini dengan ukuran proporsional 120 mm.

Walaupun stylish, harus diakui, saya kurang menyukai sistem sirkulasi udaranya yang terbatas. Arus udara yang masuk dari depan kemudian dihisap oleh kipas belakang kurang memadai karena tak ada sisi lain casing yang terbuka untuk menghembuskan udara panas.

Lubang di bagian bawahnya sudah dipakai untuk sirkulasi udara PSU. Kurang tepat jika BitFenix Neos digunakan untuk menyimpan hardware dengan performa tinggi, misalnya kartu grafis atau prosesor high end.



Di sisi lain, material BitFenix Neos cukup kokoh jika kita bandingkan dengan produk lain di kelas yang sama. Casing ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk Anda yang ingin bergaya, tetapi disarankan untuk memakainya pada ruang dengan sistem pendingan yang memadai. Ruang sirkulasi yang terbatas memang menjadi satu-satunya kelemahan yang paling terlihat.


(ABE)