Penyaluran Raskin Sulut Capai 80%

Antara    •    Rabu, 19 Aug 2015 12:12 WIB
raskin
Penyaluran Raskin Sulut Capai 80%
Ilustrasi (FOTO ANTARA/Ampelsa)

Metrotvnews.com, Manado: Kepala Perum Bulog Divre Sulawesi Utara (Sulut) Sabaruddin Ambrulla mengatakan penyaluran beras masyarakat miskin (raskin) di daerah tersebut telah mencapai 80 persen.

"Raskin untuk Agustus 2015 telah tersalur sekitar 80 persen, dan dipastikan sebelum akhir bulan akan tuntas," kata Sabaruddin, di Manado, Rabu (19/8/2015).

Sabaruddin mengakui bahwa memang belum sepenuhnya penyaluran terasliasi karena masih ada tunggakan di beberapa kabupaten di provinsi tersebut. Namun, penyaluran ini merata di 15 kabupaten dan kota di Sulut, kecuali mereka yang masih menunggak.

Pada tahun ini Bulog akan berusaha penyaluran raskin sesuai dengan peruntukan bulan tersebut, atau tidak sama dengan tahun-tahun sebelumnya sehingga menimbulkan tunggakan yang relatif cukup besar. 

"Tahun ini Bulog menyalurkan raskin secara cash and carry. Jadi dibayar dahulu baru raskin bisa disalurkan," ujar dia.

Penerima raskin pada 2015 masih sama dengan tahun sebelumnya. Berdasarkan SK Gubernur Sulut dengan jumlah penerima raskin pada 2014 sebanyak 161.089 rumah tangga sasaran (RTS). Rumah tangga sasaran mendapatkan jatah alokasi sebanyak 15 kilogram (kg) setiap bulan per keluarga dengan harga Rp1.600 per kg, selebihnya disubsidi pemerintah.



(ABD)