Review Pheriperal

Seagate Wireless: Hard Disk Ringkas, Portabel, dan Stylish

Riandanu Madi Utomo    •    Rabu, 19 Aug 2015 16:44 WIB
review peripheral
Seagate Wireless: Hard Disk Ringkas, Portabel, dan Stylish
Hard disk eksternal Seagate Wireless

Metrotvnews.com, Jakarta: Tidak bisa dimungkiri, ketergantungan kita terhadap perangkat mobile semakin tinggi. Hal tersebut terlihat dari semakin banyaknya perangkat mobile yang dirilis di Indonesia.

Salah satu kendala para pengguna perangkat mobile adalah terbatasnya media penyimpanan. Memang, beberapa perangkat memiliki slot kartu memori tambahan untuk menambah kapasitas penyimpanannya. Namun banyak orang yang lebih nyaman menggunakan hard disk eksternal dengan teknologi nirkabel.



Seagate Wireless adalah salah satu produk tersebut. Kali ini, kami menguji hard disk eksternal berkapasitas 500GB yang di dalamnya telah disisipi pemancar WiFi agar dapat terhubung dengan berbagai perangkat, mulai dari smartphone dan tablet, laptop, hingga PC.

Fungsi hard disk ini pada dasarnya sama seperti hard disk eksternal lainnya, menyimpan data. Namun hard disk ini memiliki aplikasi khusus agar penggunanya juga dapat menikmati konten yang ada di dalamnya secara langsung.



Seagate Wireless memiliki bodi yang sangat unik. Ia tak nampak seperti hard disk pada umumnya yang biasanya berbentuk persegi dan diletakkan secara vertikal. Bodi Seagate Wireless boleh dibilang mirip seperti bantal, dan ia diletakkan secara horizontal. Ia juga tersedia dalam beberapa pilihan warna, dan salah satunya adalah warna merah.

Seagate Wireless telah dilengkapi dengan fitur yang cukup beragam. Selain dapat terhubung dengan berbagai perangkat melalui WiFi, Seagate Wireless juga dapat dihubungkan dengan router WiFi yang Anda miliki. Dengan demikian, siapa pun yang terhubung dengan router WiFi Anda, akan dapat mengakses berbagai konten yang ada di hard disk eksternal  ini.

Keuntungan lain dari fitur tersebut adalah perangkat yang Anda gunakan akan masih dapat terkoneksi dengan internet yang disalurkan melalui router WiFi Anda.



Seagate Wireless juga telah dilengkapi dengan aplikasi khusus yang dapat diunduh melalui Apple App Store, Google Play Store, Windows Store, dan Amazon App Store secara gratis sesuai dengan jenis perangkatnya masing-masing. Anda juga dapat mengakses Seagate Wireless melalui browser dengan memasukkan alamat www.seagatewireless.com. Dari sana, Anda dapat melakukan berbagai macam pengaturan, mulai dari manajemen berkas, mengakses, mengunggah dan mengunduh berkas.



Hard disk ini mampu mengunggah berkas cukup cepat. Saat kami uji, ia dapat mengunggah berkas sebesar 1GB melalui koneksi nirkabel hanya dalam waktu 4 menit saja. Ketika diuji menggunakan kabel USB 3.0 (dan dihubungkan ke PC tentunya), berkas 1Gb dapat disalin dalam waktu 45 detik saja.

Performanya juga terlihat dari hasil pengujian menggunakan Crystal Disk Mark yang menghasilkan skor sangat baik. Satu kekurangannya adalah ia tak bisa mengunggah banyak berkas secara bersamaan.



Seagate Wireless adalah hard disk yang cukup ringkas dan portabel untuk mereka yang menginginkan penyimpanan tambahan bagi segala perangkatnya. Bentuknya yang menarik serta fiturnya yang cukup lengkap membuatnya cocok bagi para pelancong dan pekerja mobile. Meskipun demikian, hard disk ini memiliki kelemahan dari segi aplikasi, terutama fitur unggahannya yang menurut kami masih perlu diperkuat.


(ABE)