MA Menolak Rekomendasi KY, Ini Tanggapan Hakim Sarpin

Deny Irwanto    •    Rabu, 19 Aug 2015 16:00 WIB
sarpin rizaldi
MA Menolak Rekomendasi KY, Ini Tanggapan Hakim Sarpin
Hakim Sarpin Rizaldi,--Foto: Antara/Reno Esnir

Metrotvnews.com, Jakarta: Mahkamah Agung (MA) memutuskan menolak rekomendasi Komisi Yudisial (KY) terkait dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan hakim Sarpin Rizaldi.‎ Sarpin mengaku lega lantaran terbebas dari hukuman skorsing.

"Ya merasa lega lah. Kan jadi enggak kena hukuman disiplin. Hukuman nonpalu katanya kan? Iya, rekomendasi. Tapi kan yang menentukan saya dihukum atau tidak kan Mahkamah Agung. Sekarang MA sudah memutuskan saya tidak melanggar kode etik. Jadi rekomendasi itu tidak ditindaklanjuti, kan seperti itu," ujar Sarpin di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Rabu (19/8/2015).

Sarpin memilih untuk tak berkomentar lebih jauh terkait keputusan yang dikeluarkan MA. Dia juga belum ada rencana untuk berkomunikasi dengan MA terkait putusan tersebut.

"Nanti saya pikirkan lagi ya. Maaf ya, saya harus buru-buru sidang," jelasnya sambil terburu-buru.

Sebelumnya, Ketua MA Hatta Ali mengungkapkan, apa yang dituduhkan kepada hakim Sarpin menyangkut teknis Yudisial. Masalah teknis Yudisial adalah masalah indepedensi hakim, tidak boleh satu orang pun mengintervensi atau mencampurinya.

Ali mengaku, sebagai Ketua MA ia tidak boleh mencampuri perkara yang sedang ditangani hukum di bawah. Ali juga menegaskan MA tidak menemukan pelanggaran yang bersifat teknis yudisial.

KY mengirimkan rekomendasi ke MA agar mengenakan hukuman berupa skorsing selama enam bulan kepada hakim Sarpin. Rekomendasi itu didasari oleh keyakinan KY yang mengklaim menemukan pelanggaran dalam putusan praperadilan perkara Komisaris Jenderal Pol Budi Gunawan.

Koalisi lembaga swadaya masyarakat pada 17 Februari 2015 melaporkan hakim Sarpin karena menduga putusan praperadilannya yang memenangkan gugatan Budi Gunawan melenceng dari aturan.


(MBM)