Ini Bahayanya Saat Tubuh Mengalami Dehidrasi

   •    Rabu, 19 Aug 2015 16:43 WIB
kesehatan
Ini Bahayanya Saat Tubuh Mengalami Dehidrasi
Ilustrasi (Foto: pixgood.com)

Metrotvnews.com: Saat merasa haus jangan mengkonsumsi minuman bersoda atau jus. Minumlah segelas air putih untuk membuat tubuh Anda tetap terhidrasi. Minum air membantu pencernaan dan menghilangkan racun dari tubuh. Kekurangan air memungkinkan pembentukan batu ginjal dan masih banyak efek berbahaya lainnya.

Dan berikut efek yang terjadi saat tubuh Anda mengalami dehidrasi.

1. Kolesterol meningkat
Apakah Anda tahu bahwa air yang sedikit dalam tubuh dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol? Ya, benar. Studi telah menunjukkan bahwa kadar kolesterol akan melonjak saat tubuh memiliki asupan air yang tidak mencukupi.

2. Asma
Saluran udara dalam tubuh Anda akan diperketat saat tubuh dan paru-paru tidak terhidrasi dengan benar. Hal ini tentu akan membuat Anda sulit bernapas alias asma dan Anda juga akan lebih rentan terhadap berbagai macam alergi.

3. Mudah lelah
Tubuh membutuhkan air untuk membuatnya tetap berenergi dan bersemangat. Seseorang yang mengalami dehidrasi sering merasa lelah dan lesu. Jadi usahakan Anda meminum air banyak sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Sembelit
Kekurangan air di dalam tubuh menyebabkan masalah pencernaan seperti sembelit. Mengapa? Sebab pergerakan di sistem pencernaan menjadi tidak teratur berbeda apabila Anda minum cukup air putih, saluran pencernaan Anda akan lancar.

5. Kegemukan
Orang biasanya saat merasa lapar, sering mengabaikan apa yang dimakan tanpa memikirkan kandungan gizi dan lemaknya. Penelitian telah menunjukkan, banyak orang yang tidak menyadari bahwa rasa lapar tersebut muncul karena Anda sedang haus dan menginginkan air, bukan makanan. Wajar bila efek samping dari dehidrasi bisa membuat Anda menjadi gemuk.

6. Tekanan darah tinggi
Darah mengandung 92 persen air. Apabila tubuh kekurangan asupan cairan maka darah pasti akan lebih tebal dan tekanan darah tinggi Anda bisa meningkat. Bahaya lainnya, Anda bisa menderita penyakit jantung. Oleh karena itu, pastikan Anda meminum air putih minimal delapan gelas per hari. (Sumarni/ Boldsky)


(AWP)