Hadapi Lonjakan Harga Daging Sapi, Mendag-Mentan Berbagi Tugas

Gervin Nathaniel Purba    •    Rabu, 19 Aug 2015 17:03 WIB
kementan ads
Hadapi Lonjakan Harga Daging Sapi, Mendag-Mentan Berbagi Tugas
Ilustrasi Sapi. ANTARA FOTOWahyu Putro

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Lembong akan fokus dalam menghadapi masalah harga daging sapi dan pasokan daging sapi dalam negeri.

Thomas  mengatakan akan berupaya menjaga harga dan pasokan daging sapi. Setelah daging sapi, fokus dia, selanjutnya adalah beras.

"Kita fokus dalam beberapa hari kemarin intensif ke sapi. Nanti saya akan fokus ke beras," ujar Mendag itu yang biasa disapa Tom ketika ditemui kantor Kementerian Perdagangan (Kemendag), Jakarta, Rabu (19/8/2015).

Dirinya juga menambahkan dalam mengatasi masalah ini, pihaknya terus berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian (Kementan). Ia mengaku sudah berbicara dengan Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman saat akhir pekan kemarin.

"Weekend kemarin cukup banyak diberi waktu oleh Pak Mentan. Beliau dan saya banyak bicara. Saya secara pribadi menilai beliau punya rencana cukup bagus untuk pertanian dan pangan. Saya dukung sepenuhnya," ungkap Tom Lembong.

Dari hasil pembicaraan itu Tom menjelaskan nantinya akan ada pembagian kerja antara Mendag dan Mentan. Di mana Mendag akan bertugas dalam menertibkan pasar.

"Nah jadi bagi kerja. Mentan lihat secara teknis dan saya melakukan tertib pasar," katanya.

Selain itu Tom mengatakan akan segera membuka impor sapi hingga 300 ribu ekor sapi bakalan. Menurutnya hal itu sudah dibicarakan dengan Presiden bersama Amran Sulaiman.

"Saya dan Mentan sudah bicara dengan Presiden. Kami secara garis besar setuju saya akan diberikan amunisi untuk guyur pasar bila perlu. Kira-kira berkisar antara 200 ribu hingga 300 ribu ekor sampai akhir tahun," tuturnya.



(SAW)