Dibekuk, Komplotan Penggelap Kabel Optic Rp6,3 Miliar

Lukman Diah Sari    •    Rabu, 19 Aug 2015 19:13 WIB
pencurian
Dibekuk, Komplotan Penggelap Kabel Optic Rp6,3 Miliar
Empat tersangka penggelapan dan seorang pembunuhan------MTVN/Lukman

Metrotvnews.com, Jakarta: Unit Jatanras Polda Metro Jaya meringkus komplotan penggelapan kabel fiber optic. Kabel sedianya digunakan PT Telkom.

Komplotan penjahat itu berjumlah empat orang: IZ, RS, PR, dan SH. Mereka diciduk tempat berbeda.

"Empat tersangka ditangkap Kamis 31 Juli," kata Kanit V Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya Kompol Buddy Towoliu di Mapolda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (19/8/2015).

Buddy menerangkan, modus yang dilakukan komplotan ini adalah jasa pengiriman barang untuk PT SPI. Sesaat setelah deal harga pengiriman, komplotan ini beraksi membawa barang tersebut ke penadah.

"Saat barang sudah masuk truk, mereka membawa ke penadah, dan saat di jalan sudah ditunggu penadahnya," jelasnya.

Kemudian, kata Buddy, IZ, RS, PR, dan SH bertemu dengan penadah di sebuah rest area. Empat gulung kabel seharga Rp4,2 miliar yang seharusnya diantar ke wilayah Mekar Sari itu dijual dengan harga Rp32 juta.

Tak hanya menjual kabel milik SPI, mereka juga melego delapan gulung kabel Telkom dan tiang telepon seharga Rp42 juta. Padahal, harga sebenarnya Rp2,1 miliar. Kabel milik PT Telkom itu digelapkan di kawasan Marunda, Jakarta Utara.

Namun, polisi belum menangkap penadah barang hasil penggelapan tersebut. "JN dan IS penghubung untuk mendapatkan penadah, DL (penadah), DM dan PN yang memindahkan barang, semuanya masih DPO," tukasnya.

Dari keuntungan penggelapan tersebut, para tersangka membeli satu buah truk Fuso warna biru yang kini jadi barang bukti. "Dibelikan truk FUSO dari keuntungan," ucapnya.

Atas perbuatannya tersangka dijerat Pasal 372 kUHP tentang penggelapan. Ancaman paling lama empat tahun.

 


(TII)

KPK Optimis Menang di Praperadilan Setya Novanto

KPK Optimis Menang di Praperadilan Setya Novanto

24 minutes Ago

KPK optimis memenangkan gugatan praperadilan tersangka korupsi ktp-el Setya Novanto. KPK akan m…

BERITA LAINNYA