Masalah Regional Asia Tenggara Seret Pelemahan Rupiah

Eko Nordiansyah    •    Rabu, 19 Aug 2015 19:16 WIB
rupiah melemah
Masalah Regional Asia Tenggara Seret Pelemahan Rupiah
Ilustrasi. FOTO: ANTARA/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menilai pelemahan rupiah yang beberapa hari terakhir melewati level Rp13.800 per USD disebabkan oleh adanya persepsi pembeli mata uang, jika kawasan Asia Tenggara tengah mengalami sedikit pergolakan baik secara ekonomi, politik, maupun kemananannya.

"Dipersepsikan oleh para trader mata uang bahwa Asia Tenggara ini ada sedikit masalah," ujar Menteri Keuangan usai menghadiri Rapat dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR RI di Senayan, Jakarta, Rabu (19/8/2015).

Dirinya merinci adanya kejadian pengeboman di Thailand, gonjang-ganjing politik di Malaysia, serta keputusan Pemerintah Tiongkok yang baru saja melakukan devaluasi terhadap mata uangnya.

Sementara dari sisi internal, menurut Bambang, tidak ada faktor yang menyebabkan rupiah mengalami pelemahan yang semakin rendah terhadap mata uang dolar Amerika Serikat.

"Jadi tekanan terhadap rupiah memang tidak mudah pada hari-hari ini. Kalau internal tidak ada, ini benar-benar pure dari eksternal yang dimulai dari devaluasi mata uang," pungkas dia.


(AHL)

Pengamanan Setnov di RSCM Berkurang

Pengamanan Setnov di RSCM Berkurang

52 minutes Ago

Ketua DPR Setya Novanto masih menjalani perawatan intensif di RSCM, Jakarta Pusat. Pengamanan d…

BERITA LAINNYA