Makanan Alami Untuk Menambah Kesuburan

Adi Waluyo    •    Rabu, 19 Aug 2015 21:40 WIB
kesehatan
Makanan Alami Untuk Menambah Kesuburan
Ilustrasi makanan penambah kesuburan (Foto: watchfit.com)

Metrotvnews.com: Kesuburan seseorang ditentukan oleh banyak faktor, salah satunya adalah dari asupan makanan.

Berikut adalah daftar makanan yang membantu Anda memperoleh kehamilan.

1. Vitamin untuk kesuburan
Vitamin dan mineral tertentu diperlukan untuk mempertahankan telur dan sperma, ovulasi dan hormon perlu vitamin agar dapat berfungsi dengan baik. Diet kesuburan yang sehat dapat mencegah keguguran, disparitas dalam siklus ovulasi, dan mempersiapkan wanita untuk hamil.

Vitamin untuk kesuburan:
- Vitamin A
- Vitamin D
- Vitamin E
- Vitamin K2
- B6
- B12
- Asam folat
- Besi
- Zinc
- Protein
- Lemak
- Serat

2. Protein hewani
Protein hewani sangat diperlukan untuk kesuburan. Daging merupakan sumber protein, zat besi, B12 dan Omega 3. Telur juga kaya protein, B12 dan vitamin D.

Sumber umum dari protein hewani untuk meningkatkan kesuburan adalah:
- Ayam
- Kambing
- Telur
- Ikan

3. Protein nabati
Protein nabati juga sangat penting dan sumber protein yang sehat untuk kesuburan. Sayuran berdaun hijau adalah sumber pasokan zat besi, asam folat, B 12, antioksidan dan vitamin E. Sayuran berwarna memberikan vitamin C dan B6.

Cara terbaik untuk memastikan Anda mendapatkan vitamin dari semua sayuran adalah dengan makan salad. Buah juga mengandung antioksidan dan vitamin C yang juga meningkatkan kesuburan. Kacang-kacangan merupakan sumber yang baik dari besi dan folat, dan vitamin yang diperlukan untuk kehamilan yang sehat.

Kacang-kacangan seperti almond dan biji bunga matahari seperti, wijen, flax seed dan biji labu memberikan Omega 3, protein, zinc dan vitamin E.

4. Biji-bijian
Karbohidrat dalam biji-bijian tidak mempengaruhi insulin sehingga baik untuk kesuburan. Selain itu, biji-bijian juga menyediakan serat yang penting untuk pencernaan.

5. Produk susu
Susu alami membantu meningkatkan kesuburan Anda. Produk susu menyediakan lemak dan kalsium yang diperlukan untuk kehamilan. Produk susu ini juga menjaga siklus ovulasi yang sehat. Konsumsi susu dalam batas yang wajar untuk menghindari kenaikan berat badan yang tidak perlu.

6. Folat dan anti-oksidan
Asam folat membantu pertumbuhan janin dan mencegah cacat lahir dari tulang belakang dan otak. Asam folat penting untuk fungsi otak dan sistem saraf bahkan untuk orang dewasa. Folat dan antioksidan bersumber dari sereal, kacang-kacangan, pepaya, buah, sayuran hijau, jamur, jagung, wortel, kembang kol, bayam dan terung.

7. Omega 3
Kekurangan Omega 3 dikaitkan dengan kelahiran prematur dan berat badan bayi yang rendah. Ikan adalah sumber terbaik Omega 3, tetapi ada juga sumber Omega 3 nabati seperti flax seed dan kenari. Omega 3 berfungsi mengatur hormon dan rahim yang sehat untuk meningkatkan kesuburan. Omega 3 juga meningkatkan suplai darah ke organ reproduksi.

8. Minyak alami
Minyak zaitun dan minyak kelapa adalah minyak sehat yang meningkatkan kesuburan. Keduanya termasuk minyak tak jenuh tunggal yang bisa mengurangi peradangan dan meningkatkan kesuburan. Lemak juga diperlukan untuk memproduksi hormon, yang penting untuk kesuburan.

9. Hati (liver)
Hati adalah sumber vitamin D, Zinc, Selenium, Besi, Asam folat, B12, CoQ10. Walaupun sebagian orang enggan memakannya, tapi hati dikenal sebagai organ berharga yang mengandung beberapa kebutuhan tubuh.

Makanan untuk kesuburan ini dapat meningkatkan ovulasi, hormon produksi, kesehatan telur dan sperma. Makanan untuk kesuburan juga menyiapkan seorang wanita untuk memiliki kehamilan yang sehat. (Health Me Up)


(AWP)

Kubu Novanto Ajukan Saksi Meringankan

Kubu Novanto Ajukan Saksi Meringankan

1 hour Ago

Langkah tersebut tercantum dalam ketentuan Pasal 65 KUHAP terkait dengan pemanggilan saksi meri…

BERITA LAINNYA