Anggaran Tujuh Proyek DPR Capai Rp1,6 Triliun

Al Abrar    •    Rabu, 19 Aug 2015 22:06 WIB
dpr
Anggaran Tujuh Proyek DPR Capai Rp1,6 Triliun
Gedung CONEFO, atau gedung kura-kura, yang menjadi ikon Kompleks Parlemen -- ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Metrotvnews.com, Jakarta: Pembangunan tujuh proyek DPR menjadi perdebatan baru. Ternyata perencanaan anggaran pembangunan Megaproyek di Kompleks Parlemen ini mencapai Rp1,6 triliun.

"Jadi gini ketika kita merancang sesuatu kegiatan, karena ini menyangkut dan yang tahu ahlinya itu dari kementerian PU, jadi angka itu dari kementerian PU sebanyak Rp1,6 triliun," kata Kepala Biro Humas dan Pemberitaan DPR Djaka Dwi Wiratno saat dihubungi, Rabu (19/8/2015) malam.

Anggaran sebanyak Rp1,6 triliun tersebut akan dibahas oleh DPR bersama Pemerintah dalam rancangan APBN 2016. Adapun tujuh proyek tersebut yakni Alun-alun Demokrasi, Museum dan Perpustakaan, Jalan Akses, Visitor Center, Pusat Kajian, Pembangunan Ruang Anggota DPR dan Integrasi Tempat Tinggal Anggota DPR.

"Nah itulah yang akan dibahas dalam APBN, bersama pemerintah di APBN 2016 nanti bulan Oktober," lanjutnya.

Pun alasan DPR membangun tujuh proyek tersebut yakni lantaran komplek parlemen sudah berlebihan kapasitas. Penataan ulang agara lebih nyaman dan aman. Baik anggota legislatif maupun masyarakat.

"Inisiatornya itu ya Itu DPR. Karena kebutuhan lembaga, kebutuhan DPR. Asumsinya kan dari kapasitas ruangan dan anggota juga sudah dilengkapi oleh tenaga ahli, terus perlu juga ada penataan," tukasnya.


(SUR)