Menteri Harus Mengerti Posisinya

Damar Iradat    •    Kamis, 20 Aug 2015 02:25 WIB
kabinet jokowi-jk
<i>Menteri Harus Mengerti Posisinya</i>
Sekretaris Jenderal Partai NasDem Patrice Rio Capella -- MI/Arya Manggala

Metrotvnews.com, Jakarta: Sekjen Partai NasDem Patrice Rio Capella mengingatkan menteri di Kabinet Kerja mengerti posisinya. Pernyataan ini tak lepas dari sikap Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Rizal Ramli yang jadi sorotan.

"Paling tidak, ada pengertian dari menterinya, posisinya itu seperti apa? Kalau sebagai Menko, berlagak lah seperti Menko. Kalau mengerti posisi, maka akan ada kesantunan. Cara ketika ingin menyampaikan kepada publik pun berbeda," kata Rio dalam dialog Prime Time News di Metro TV, Rabu (19/8/2015).

Rizal, kata Rio seharusnya sudah memahami hal tersebut. Rizal dianggap bukan orang baru soal koordinasi dalam kabinet karena juga pernah dua kali menjadi menteri di era Presiden Abdurahman Wahid.

"Saya pikir sekelas Pak Rizal sudah memahami itu. Sebagai Menko, lebih banyak bicara ke dalam dan multi teknis yang didorong bergerak maju," papar Rio.

"Kalau ada kekurangan tentu dia akan mencari solusinya. Bukan ada sebuah soal, lalu bikin pesimis di antara menteri di kabinet, dan mempertanyakan apakah proyek bisa selesai atau tidak," pungkasnya.

Seperti diketahui, Rizal sempat membuat gaduh suasana di dalam Kabinet Kerja perihal kritikannya terhadap beberapa kebijakan pemerintah. Padahal, mantan Kabulog itu baru dilantik menggantikan posisi Indroyono Soesilo.

Misalnya, soal proses bisnis Garuda Indonesia yang bersiap membeli pesawat berbadan lebar Airbus 380. Rizal menilai pembelian tersebut justru akan merugikan perusahaan penerbangan pelat merah itu.

Selain itu, Rizal juga mengkritisi proyek listrik 35 ribu watt yang dianggapnya tak realistis. Maka, menurutnya, pemerintah akan mengevaluasi proyek tersebut.


(SUR)

KPK Ambil <i>Medical Record</i> Setya Novanto

KPK Ambil Medical Record Setya Novanto

9 hours Ago

Salah satu staf pimpinan DPR yang kerap mengurus keperluan Novanto mengaku, rombongan KPK berku…

BERITA LAINNYA