Jamaah Haji Indonesia Harus Waspadai Virus MERS

Damar Iradat    •    Kamis, 20 Aug 2015 02:35 WIB
haji 2015
Jamaah Haji Indonesia Harus Waspadai Virus MERS
Ilustrasi: Jamaah Umrah besiap melakukan tawaf--ANTARA/Saptono

Metrotvnews.com, Jakarta: Jelang musim haji 2015, Menteri Kesehatan Nila Moeloek mewanti-wanti jamaah haji Indonesia waspadai wabah penyakit pernafasan dari Timur Tengah (MERS-CoV) yang mengancam. Sebab Jamaah Haji sangat rentan terserang virus ini.

"Jamaah haji harus waspada MERS-CoV. Jaga kebersihan dan pakai masker," kata Nila pada pelepasan petugas Panitia Penyelenggara Haji Indonesia (PPIH) Arab Saudi Tahun 1436H/2015M, Rabu (19/20/2015).

Udara panas dan kondisi tubuh yang lelah bisa menurunkan daya tahun yang bisa menyebabkan seseorang mudah terkontaminasi MERS-CoV. Untuk itu Nila menyarankan jamaah haji menggunakan masker. Baik saat berada di kerumunan, maupun ketika batuk.

Jamaah haji juga disarankan rajin cuci tangan dan jaga kondisi tubuh agar tetap fit. Bahkan Menteri Kesehatan Kabinet Kerja ini menyarankan WNI jauhi rumah sakit bila tidak perlu.

"Jangan ngoyo, (salat) Arbain sunnah, umrah juga sehingga tidak perlu berkali-kali umrah," pesannya.

Menkes juga sudah berkoordinasi langsung dengan Menteri Perhubungan Ignatius Jonan agar menyampaikan pesan waspada MERS-CoV di dalam pesawat yang membawa jamaah haji maupun kantor-kantor kesehatan pelabuhan. Pemerintah akan terus berupaya agar jamaah haji yang kembali ke tanah air tidak membawa virus MERS-CoV.

"Kalau ada yang demam di pesawat kami akan lakukan pemeriksaan. Masa inkubasi (MERS-CoV) 14 hari," tutup dia.(Antara)


(SUR)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

23 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA