Ketergantungan Komoditas Penyebab Pertumbuhan Ekonomi Daerah Rendah

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 20 Aug 2015 07:29 WIB
ekonomi daerah
Ketergantungan Komoditas Penyebab Pertumbuhan Ekonomi Daerah Rendah
Ilustrasi. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Suahasil Nazara mengatakan pertumbuhan ekonomi daerah selama ini memang bergantung pada sumber daya alam (SDA). Akibatnya, ketika terjadi penurunan harga komoditas maka akan menyebabkan pertumbuhan ekonomi daerah tersebut menjadi rendah.

"Kalau daerah yang memang masih tergantung SDA, ya masih akan kena (pertumbuhan ekonomi rendah)," ujarnya saat ditemui usai rapat dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR RI di Senayan, Jakarta, Rabu 19 Agustus 2015.

Untuk itu, nantinya tiap daerah akan dilakukan diversifikasi sumber penerimaan pemerintah serta diversifikasi sumber perekonomian daerah-daerah, sehingga perekonomiannya tidak akan lagi bergantung pada komoditas tertentu.

"Yang penting adalah bagaimana mendiversifikasi sumber penerimaan pemerintah. Dan bagaimana mendiversifikasi sumber perekonomian daerah-daerah itu. Jadi nanti tidak hanya tergantung ke komoditas," jelas dia.

Selain itu, dirinya menambahkan, jika belanja pemerintah daerah juga menyebabkan pertumbuhan ekonomi di daerah juga melambat. Namun, hal ini diakui terjadi hampir di semua daerah. "Pecepatan belanja bisa jadi, kan itu di semua daerah," pungkasnya.


(AHL)

KPK Periksa Istri Novanto Senin Depan

KPK Periksa Istri Novanto Senin Depan

2 hours Ago

Deisti diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Dirut PT Quadra Solution, Anang Sugiana Sudiharj…

BERITA LAINNYA