Barracuda "Imut" Ramaikan Festival Seni Yogyakarta 2015

Patricia Vicka    •    Kamis, 20 Aug 2015 07:30 WIB
pawai budaya
Barracuda
Barracuda milik Polda DI Yogyakarta yang disulap imut dan cantik diserbu warga -- MTVN/Patrician Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Jika menyebut mobil Baracuda, pastilah terbayang kendaraan tempur lapis baja milik TNI atau Polri yang berbentuk sangar. Namun ada Barracuda yang disulap menjadi cantik dan imut khusus untuk Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) 2015.

Barracuda yang biasanya dicat motif dengan aroma militer, kini dicat warna merah muda dan digambari orang-orangan dan bunga. Lalu mobil diparkir di lapangan UGM untuk mengikuti pawai kebudayaan "Edan-edan" sebagai pembukan FKY 2015. 

Sontak Barracuda milik Polda DIY ini menarik perhatian warga Yogyakrta yang menonton pawai pembukaan FKY. Barracuda "imut" ini pun langsung jadi obyek warga yang membawa anak kecil untuk berfoto

Tak ada raut wajah takut atau tegang dari anak-anak saat berfoto di depan Baracuda. Bahkan anak-anak antusias ingin menaiki mobil yang biasa dipakai dalam huru hara.

Ketua 2 Panitia FKY Setyo Harwanto mengatakan Baracuda sengaja di datangkan untuk memeriahkan Festival Kesenian Yogyakarta 2015. 

"Awalnya kami mengajak Polri untuk mengikuti pawai ini. Mereka langsung menawarkan menurunkan Barracuda ini. Langsung kami iyakan dan 'disulap' agar lebih punya nilai seni," tutur Setyo pada Metrotvnews.com di UGM Yogyakarta, Rabu (19/8/2015).

Baracuda lantas turut melebur dalam pawai budaya Edan-Edan di jalan Kaliurang. Kemudian segera meluncur ke tempat yang FKY berlangsung di Taman Kuliner Condong Catur SLeman DIY.

"Polri kami ajak sebagai simbol pengayom masyarakat modern yang bertugas melindungi rakyat. Sedangkan sosok Bergodo (prajurit) juga ada di festival ini sebagai simbol penjaga tradisional," jelasnya.

FKY 2015 diselenggarakan pada 19 Agustus-5 September 2015. Selain menampilkan pertunjukan budaya dan kesenian, acara ini turut menampilkan program sastra seperti pembacaan prosa, pemutaran Bioskop FKY, serta kegiatan-kegiatan workshop seni rupa, lokakarya, serta diskusi seni yang semuanya terbuka bagi masyarakat luas.


(SUR)