Pemerintah Harus Bisa Capai Target PPh Migas Rp48,46 Triliun di 2016

Gervin Nathaniel Purba    •    Kamis, 20 Aug 2015 07:41 WIB
migas
Pemerintah Harus Bisa Capai Target PPh Migas Rp48,46 Triliun di 2016
Ilustrasi -- FOTO: Antara/Muhammad Adimaja

Metrotvnews.com, Jakarta: Lembaga Publish What You Pay (PWPY) menilai pemerintah harus bisa mencapai target PPh Migas sebesar Rp48,46 triliun dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp125,63 triliun pada 2016.

"Pemerintah harus dapat memastikan bahwa target penerimaan ini bisa dicapai pada 2016," ujar Peneliti Ekonomi PWPY Wiko Saputra di Jakarta, Rabu, 19 Agustus 2015.

Di sisi lain, masih belum baiknya tata kelola sektor migas dan minerba juga berdampak terhadap kinerja pembangunan dan penerimaan negara. Menurutnya, masih ada enam juta hektare lahan pertambangan yang berada di kawasan hutan konservasi dan lindung yang notabene akan mengganggu stabilitas lingkungan hidup.

Adapun ditemukan sekitar 4.276 Izin Usaha Pertambangan (IUP) nonclean and clear baik dari sisi administrasi, peruntukan lahan, kewajiban pembayaran royalti, dan iuran tetap. "Terdapat 4.276 IUP yang nonclean and clear," ungkap Wiko Saputra.

Dia mengungkapkan, dari 7.834 perusahaan yang didata oleh ditjen pajak, ditemukan sebanyak 24 persen perusahaan tidak memiliki NPWP. Serta ada sekitar 35 persen yang tidak melaporkan SPT. Wiko menyimpulkan masih ada persoalan dalam tata ruang dan peruntuhan lahan/hutan.

"Data-data di atas menunjukkan bahwa masih ada persoalan dalam tata ruang dan peruntuhan lahan/hutan dalam sistem perizinan tambang. Serta masih adanya persoalan ketidakpatuhan perusahaan dalam melakukan pembayaran penerimaan negara/pajak," katanya.


(AHL)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

1 day Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA