Ledakan kuil di Bangkok

Pelaku Pengeboman Bangkok Diduga Berasal dari Eropa

Fajar Nugraha    •    Kamis, 20 Aug 2015 08:48 WIB
ledakan bangkok
Pelaku Pengeboman Bangkok Diduga Berasal dari Eropa
Terduga pelaku pengeboman di Thailand (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Bangkok: Pihak Kepolisian Thailand menyebutkan bahwa pelaku pengeboman di Bangkok, diduga berasal dari Eropa.

Kesimpulan ini diraih setelah pihak Kepolisian Thailand berhasil membuat sketsa dari wajah tersangka, yang samar terlihat dalam rekaman CCTV. Wajah dari tersangka itu dinilai berasal dari Eropa.

"Polisi sekarang yakin bahwa dua orang pria lain yang berada di dalam rekaman itu merupakan kaki tangan tersangka," ujar Juru Bicara Kepolisian Thailand Prawut Thawornsiri, seperti dikutip Reuters, Kamis (20/8/2015).

Prawut menambahkan, perintah penangkapan sudah dilakukan terhadap pria asing tersebut. Dari sketsa tampak pria itu memiliki kulit pucat, dengan rambut tebal berwarna hitam dan janggut jarang disertai kaca mata hitam yang dikenakannya.

"Dia memiliki kulit putih dan mungki berasal dari Eropa atau memiliki darah campuran dari Timur Tengah," sebut Prawut.

Sementara dua orang tersangka lain yang terlihat dalam video itu salah satunya mengenakan pakaian berwarna merah. Sementara seorang lainnya menggunakan pakaian berwarna putih. Keduanya tampak mengikuti tersangka utama dan menutupinya dari warga saat tengah meletakan kantung yang diduga berisi bom yang telah menewaskan 22 orang dan melukai 123 lainnya itu.

Kepolisian Thailand sebelumnya sudah menawarkan hadiah untuk informasi yang berujung pada pelaku pengeboman. Uang sebesar 1 juta baht atau Rp386 juta ditawarkan sebagai hadiah.

Sementara untuk saat ini keamanan diperketat di wilayah provinsi selatan Thailand, khususnya di Koh Samui di Surat Thani, Hat Yai di Songkhla dan Phuket. Seluruh lokasi itu merupakan tempat wisata.

Menurut Komandan Militer wilayah empat Letnan Jenderal Prakan Chonlayuth mengatakan, wilayah ini sangat menjadi perhatian lebih dari pemerintah.


(FJR)