Microsoft Enggan Jual Xbox di Indonesia, Kenapa Sih?

Mohammad Mamduh    •    Kamis, 20 Aug 2015 10:18 WIB
microsoft
Microsoft Enggan Jual Xbox di Indonesia, Kenapa Sih?
Mircosoft Xbox dalam ajang Gamescom 2015

Metrotvnews.com, Jakarta: Sony PlayStation sampai saat ini masih mendominasi pasar konsol, termasuk Indonesia. Tidak sekadar menjual, Sony juga memberikan berbagai layanan untuk para pengguna konsol buatan mereka di Indonesia, seperti penawaran game-game menarik. Namun entah kenapa, Microsoft sampai saat ini enggan menjual Xbox di Tanah Air. Saat ditanya alasannya, mereka tak mau berkomentar.

“Microsoft Indonesia saat ini tidak dapat memberikan komentar terkait penjualan konsol Xbox di Indonesia,” kata Microsoft kepada Metrotvnews.com, Rabu (19/8/2015). Jawaban ini muncul setelah kami mengajukan pertanyaan terkait mengapa Xbox kurang memperhatikan pasar mereka di Indonesia.

Kenyataannya, penjualan konsol Xbox di Tanah Air, baik Xbox 360 maupun Xbox One, tidak pernah mendapatkan perhatian serius. Hal ini terlihat dari konsol Xbox 360 yang dipasarkan melalui toko-toko konsol. Ketimbang menjual versi original, sang penjual lebih menawarkan Xbox 360 yang sudah jailbreak.

Alasan utamanya adalah harga game versi bajakan yang lebih murah ketimbang versi aslinya. Sementara itu, sejak PlayStation 3, Sony menanamkan berbagai pola teknologi yang membuat orang berpikir ulang untuk jailbreak mesin mereka. Seperti penggunaan Blu-Ray Disc, sampai pemblokiran mesin ketika terhubung dengan server Sony.

Sony juga melengkapinya dengan berbagai game dengan fitur eksklusif yang hanya dapat dinikmati dalam versi original. Strategi ini terus mereka terapkan pada PlayStation 4.
 


(ABE)

KPK Ambil <i>Medical Record</i> Setya Novanto

KPK Ambil Medical Record Setya Novanto

10 hours Ago

Salah satu staf pimpinan DPR yang kerap mengurus keperluan Novanto mengaku, rombongan KPK berku…

BERITA LAINNYA