Jelang Grand Prix F1 Belgia

Analisa Alex Yoong: Start Menarik akan Mewarnai GP Belgia

   •    Kamis, 20 Aug 2015 11:11 WIB
f1
Analisa Alex Yoong: Start Menarik akan Mewarnai GP Belgia
Mantan pembalap F1 yang kini jadi analis F1 di FOX Sport, Alex Yoong (Foto: Dok.FOX Sport)

Liburan musim panas sudah berakhir dan tempat terbaik untuk memulainya kembali adalah di Spa Francochamps. GP Belgia akan jadi menu pembuka paruh kedua kompetisi Formula 1 musim ini, Minggu 23 Agustus 2015.

Semua orang senang datang kesini dan dengan energi yang sudah terisi kembali setelah liburan, akan semakin banyak terlihat senyum di sekitar paddock.

Sirkuit di Belgia ini memiliki panorama yang indah dengan pemandangan hutan berselang-seling di sepanjang trek. Karakteristik treknya juga cepat dan mengalir, dan sejauh ini saya belum mengenal pembalap yang tidak menyukainya.

Sekarang, tidak biasanya trek yang cepat dan mengalir menghadirkan persaingan yang menarik, tetapi trek Spa adalah sebuah pengecualian. Trek memanjang ke atas menuju Les Combe yang disusul oleh jalan yang menurun, selalu menyuguhkan tontonan balapan yang menarik. Ditambah faktor cuaca, yang seringkali tidak terduga dan dramatis.

Terakhir, mereka mempunyai tikungan terbaik di dunia, Eau Rouge. Menurun dan menanjak tajam, rasanya seperti menaiki roller coaster. Dengan kecepatan rata-rata 250km/jam – ini adalah bagian di mana Anda tidak mau melakukan kesalahan.

Saya berharap Williams bisa lebih mendekati Mercedes dibanding balapan terakhir di Hungaria. Kenyataanya, akan sangat sulit menyebutkan siapa yang akan memberikan perlawanan kepada Mercedes. Williams atau Ferrari..?

Spa adalah sebuah sirkuit yang bergantung pada kinerja mesin, hal ini akan menjadi perjuangan bagi mobil yang memakai mesin Renault. Red Bull Racing sudah menampakkan kemajuan dan kita akan melihat mereka melaju mulus di bagian tengah sirkuit yang menghadirkan banyak kejutan.

Walaupun di bagian awal dan akhir sirkuit ini memiliki trek lurus yang panjang, saya tidak melihat kedua tim Renault akan memiliki akhir pekan yang bagus.

Banyak mata akan tertuju pada McLaren akhir pekan ini. Mereka mendapatkan nilai ganda saat finish di Hungary, dan mereka bisa saja memiliki akhir pekan yang baik.  Honda akan membawa mesin terbaru mereka yang bertenaga, bisa saya prediksikan kalau sekarang mereka sudah mendekati kekuatan Ferrari.

McLaren sedikit berhati-hati dalam berkomentar. Mengatakan mereka tidak begitu yakin bahwa mereka akan mendapatkan hasil yang memuaskan sampai dengan GP Singapura.

Bagaimanapun yang akan menarik untuk dilihat adalah pada saat dimulainya balapan ini. Peraturan baru yang diterapkan mulai dari seri ini hingga ke depannya menekankan kepada para pembalap untuk memiliki kontrol yang lebih banyak terhadap start, di mana sebelumnya, para teknisi dapat menentukan beberapa variabel di awal.

Sekarang, para pembalap harus menentukan waktu melepas koplingnya dengan penuh pertimbangan terhadap hal-hal seperti kecepatan putaran roda serta mempertahankan RPM yang ideal.

Kita akan melihat beberapa kejutan di awal balapan karena beberapa pembalap akan memiliki kemampuan yang lebih baik dalam hal ini dibandingkan yang lain. Setelah itu, kita tinggal duduk manis dan menikmati suguhan balapan yang selalu menarik ini.

Ingin tahu serunya balapan? Saksikan GP Belgia, LIVE di saluran FOX Sports, Minggu 23 Agustus mulai pukul 18:30 WIB. (Alex Yoong, mantan pembalap F1)


(ACF)