Harga Bahan Pokok di Jember Naik

Antara    •    Kamis, 20 Aug 2015 12:05 WIB
bahan pokok
Harga Bahan Pokok di Jember Naik
Ilustrasi (MI/PALCE AMALO)

Metrotvnews.com, Jember: Harga sejumlah bahan pokok di pasar tradisional Kabupaten Jember, Jawa Timur (Jatim), bergerak naik akibat pasokannya berkurang. Pasokan yang kurang dikarenakan masa panen petani sudah selesai dan saat ini memasuki musim kemarau.

Pedagang di Pasar Tanjung, Fauzan, membenarkan bahwa harga beberapa bahan pokok mengalami kenaikan karena pasokannya berkurang, sedangkan permintaannya cukup tinggi seperti beras dan telur ayam ras.

"Harga beras kualitas super naik dari Rp10.500 per kilogram (kg) menjadi Rp11.000 per kg, kemudian beras medium naik dari Rp9.500 per kg menjadi Rp10.000 per kg, dan beras IR-64 dari Rp8.500 per kg menjadi Rp9.500 per kg," tuturnya, di Jember, Kamis (20/8/2015).

Selain itu, ia menjelaskan, kenaikan harga beras tersebut juga terjadi lantaran masa panen petani sudah habis dan saat ini memasuki musim kemarau, sehingga pasokan beras ke sejumlah pasar tradisional juga berkurang.

"Harga beras pada Ramadan dan Lebaran lalu justru stabil karena sebagian petani masih menyimpan gabah atau berasnya, sehingga stok beras di pasar masih melimpah, meskipun permintaan meningkat," ungkapnya.

Selain beras, lanjutnya, harga telur ayam ras juga mengalami fluktuatif, namun cenderung merangkak naik dalam sepekan terakhir. "Harga telur terus merangkak naik menjadi Rp22.000 per kg, padahal sebelumnya harga di kisaran Rp18.000 per kg hingga Rp19.000 per kg," pungkasnya.


(ABD)

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

17 hours Ago

Politikus Hanura Miryam S Haryani mengaku mencabut seluruh isi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) d…

BERITA LAINNYA