Sultan HB X: Banyak yang Berhaji, Banyak yang Korupsi

Patricia Vicka    •    Kamis, 20 Aug 2015 12:45 WIB
haji 2015
Sultan HB X: Banyak yang Berhaji, Banyak yang Korupsi
Sultan menyalami calon haji di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta, Kamis (20/8/2015). (Metrotvnews.com/Patricia Vicka)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengkubuwono (HB) X melepas keberangakatan 2.463 calon jamaah haji se-DIY di Bangsal Kepatihan (Kantor Gubernur), Kamis(20/8/2015).

Dalam pidatonya, HB X sempat mengkritik soal masih banyaknya tindak korupsi di Indonesia. Padahal, calon jamaah haji yang hendak berangkat selalu diiringi doa agar menjadi haji mabrur. "Ironisnya, kita acapkali dihadapkan pertanyaan, mengapa banyak orang berhaji, tetapi banyak juga orang korupsi? Padahal setiap pamitan haji selalu diiringi ucapan semoga menjadi haji yang mabrur," tutur Sultan HB X.

Ia berharap agar para calon haji bisa menyebarkan kebaikan dan menumpas korupsi sekembalinya dari Tanah Suci.

"Semoga bibir bekas ciuman pada Hajar Aswad mampu menebar kata-kata kebenaran. Tangan bekas melempar jumrah mampu mengusir setan untuk  berjihad melawan segala bentuk kesewenangan, ketidakadilan dan korupsi yang mewabah," tegasnya.

HB X pun berharap para calon jamaah menjadi haji mabrur, yakni haji yang bisa mengharmoniskan kesalehan dengan kebaikan pada sesama.

"Ada tiga ciri haji mabrur. Yakni, pertama telah sadar memberi makan ke setiap orang yang membutuhkan, kedua adalah bertutur kata baik, bijak dan santun. Ketiga adalah sadar menebar salam untuk merajut silaturahmi dan nasihat yang berguna bagi orang lain," tutupnya.

Calon jamaah haji dari empat kabupaten dan satu kota di DIY terbagi dalam tujuh kelompok terbang (kloter). Jamaah terbanyak berasal dari Kabupaten Sleman, berjumlah 939 orang.

Acara pelepasan keberangkatan calon jamaah haji ditutup acara bersalaman dengan Sri Sultan HB X.


(SAN)

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

3 hours Ago

Azmin akan menjadi saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiha…

BERITA LAINNYA