Besok, BI Terbitkan Aturan Pembatasan Pembelian Valas

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 20 Aug 2015 14:45 WIB
valas
Besok, BI Terbitkan Aturan Pembatasan Pembelian Valas
Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara (MI/ADAM DWI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Mirza Adityaswara menjelaskan, aturan BI untuk memperketat pembelian valuta asing (valas) dari USD100 ribu menjadi USD25 ribu per bulan hanya akan diberlakukan untuk transaksi tanpa underlying. BI segera mengeluarkan aturan tersebut dalam satu atau dua hari ke depan.

"Sebelumnya, dalam satu bulan (diperbolehkan) beli USD100 ribu, sekarang satu bulan dibatasi hanya USD25 ribu kalau tanpa underlying. Kalau ada underlying-nya tetap boleh," kata Mirza, di Gedung Sekretariat Mahkamah Agung (MA), Jalan Ahmad Yani, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Kamis (20/8/2015).

Dirinya menambahkan, dengan pembatasan pembelian dolar tanpa underlying, maka perorangan atau perusahaan yang memang memiliki transaksi dengan valas tetap diperbolehkan untuk membeli valas tanpa dibatasi.

"Jadi kalau memang orang itu beli dolar atau korporasi yang beli dolar untuk impor, untuk bayar Utang Luar Negeri (ULN), untuk kegiatan yang memang ada underlying-nya, tentu tidak dibatasi," jelas dia.

Sedangkan apabila hanya untuk disimpan sebagai tabungan, maka itu dikatakan tanpa underlying. "Tidak ada keperluan apa-apa beli dolar untuk apa? Untuk masukkin tabungan, itu kan tidak ada underlying-nya. Itu tidak boleh. Itu yang dinamakan tanpa underlying," jelasnya.

Sementara untuk Peraturan BI (PBI), masih menurut Mirza, akan segera dikeluarkan. "Sangat segera, saya kira dalam satu hingga dua hari ini akan diterbitkan ya aturan tentang itu," tutup dia.


(ABD)

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

17 hours Ago

Politikus Hanura Miryam S Haryani mengaku mencabut seluruh isi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) d…

BERITA LAINNYA