Bulog Maluku Masih Laksanakan Operasi Pasar

Antara    •    Kamis, 20 Aug 2015 14:49 WIB
bulog
Bulog Maluku Masih Laksanakan Operasi Pasar
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Metrotvnews.com, Ambon: Divisi Regional (Divre) Perum Bulog Maluku sejak Juni 2015 hingga sekarang masih melaksanakan Operasi Pasar (OP) beras dengan harga Rp8.000 per kilogram (kg) di beberapa titik penjualan di Kota Ambon.

"Kami masih terus melaksanakan OP Sesuai instruksi Bulog Pusat dan permintaan Gubernur Maluku terkait penetapan harga beras di pasar Ambon," kata Kabid Penyaluran Divre Bulog Maluku Kadir Kosso, di Ambon, Kamis (20/8/2015).

Menurut dia, kalau saat panen tiba dan permintaan dicabut, maka Bulog Maluku akan menghentikan OP. Pelaksanaan OP yang sudah berlangsung sejak Juni 2015 itu berpusat di tempat-tempat yang memang sangat membutuhkan, apalagi sekarang ini beras jenis antarpulau sudah banyak yang masuk ke Ambon. 

"Jadi ikut memengaruhi penjualan beras OP Bulog ini, dan itu terlihat dari permintaan yang semakin berkurang dari pihak pedagang," ujarnya.

Dia menjelaskan, dalam satu minggu permintaan pedagang yang selama ini melakukan kerja sama dengan Bulog guna melaksanakan OP hanya 3-4 ton saja. Di samping itu, Bulog Maluku juga melaksanakan OP beras secara mobile ke Desa Passo, Desa Tulehu, dan Desa Nania.

"Kalau di pasar Mardika Bulog tidak mobile ke sana lagi sebab sudah ada pedagang yang melakukan kerja sama. Jadi kalau sudah berkurang baru mereka mengajukan permintaan," pungkasnya.


(ABD)