DPR Alokasikan Rp12 Miliar buat Beli Kasur

Al Abrar    •    Kamis, 20 Aug 2015 15:07 WIB
dpr
DPR Alokasikan Rp12 Miliar buat Beli Kasur
Gedung DPR RI,--Foto: MI/Susanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Center for Budget Analysis (CBA) Uchok Sky Khadafi menduga, ada yang janggal dalam anggaran pengadaan pembelian kasur untuk rumah dinas anggota DPR. Pasalnya, angkanya mencapai Rp12 miliar.

"Anggota Dewan yang paling enak dan bergelimang kemewahan ketika dipimpin Ketua DPR Setya Novanto. Bentuk kemewahan itu, DPR akan membeli kasur untuk rumah jabatan DPR," kata Uchok lewat rilis yang diterima Metrotvnews.com, Kamis (20/8/2015).

Uchok menilai, anggaran pembelian tempat tidur tersebut terlalu mahal. "DPR beli tempat tidur mahal sekali, memangnya anggota Dewan itu mau tidur atau mau bekerja," kata Uchok.

Uchok menjelaskan, setiap rumah dinas anggota Dewan di Kalibata, atau Ulujami akan mendapatkan kasur atau spring bed. Jika disimulasi, alokasi anggaran untuk Kalibata dan Ulujami sebesar Rp1,1 miliar. Maka setiap rumah jabatan DPR, mendapatkan jatah kasur senilai Rp19 juta.

Berikut rincian alokasi anggaran untuk membeli kasur rumdis anggota DPR:

1. Pengadaan spring bed rumah jabatan angota DPR Kalibata sebesar Rp10.304.525.000

2. Pengadaan spring bed rumah jabatan anggota DPR Ulujami sebesar Rp847.110.000

3. Pengadaan spring bed Wisma Griya Sabha sebesar Rp1.300.860.000

CBA meminta Sekjen DPR dan Ketua DPR Setya Novanto membatalkan lelang kasur. "Ini hanya menghambur-hamburkan uang negara. Juga memperlihatkan kemewahaan DPR di depan publik," kata dia.


(MBM)