Daftar Pemilih Sementara Kota Surabaya Diumumkan 12 September Mendatang

Amaluddin    •    Kamis, 20 Aug 2015 15:30 WIB
pilkada serentak
Daftar Pemilih Sementara Kota Surabaya Diumumkan 12 September Mendatang
Foto: Ilustrasi Pilkada/Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Surabaya: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya memastikan proses pencocokan dan penelitian (coklit) terhadap data pemilih pemilihan wali kota Surabaya, selesai dilakukan, Rabu 19 Agustus kemarin. Data hasil coklit itu akan ditetapkan sabagai daftar pemilih sementara (DPS).

Komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Data Nurul Amalia mengatakan, proses coklit sudah dilakukan sejak 15 Juli hingga 19 Agustus 2015. KPU Kota Surabaya segera mengumumkan DPS itu.

"Data yang diperoleh itu akan digunakan sebagai DPS yang bakal diumumkan pada 1­2 September 2015 mendatang," kata Nurul Amalia di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (20/8/2015).

Nurul mengimbau warga yang belum terdata atau didatangi Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) agar melapor ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) setempat. Warga dapat melapor mulai kemarin hingga 1 September 2015.

Dia juga meminta warga memastikan sudah masuk dalam DPS saat pengumuman. Warga diharapkan dapat memeriksa kebenaran data diri di DPS itu.

"Apabila datanya belum masuk segera menghubungi PPS dan apabila sudah masuk dan data yang tertera masih belum valid silahkan menuju PPS dengan membawa data pendukung sebelum ditetapkanya DPT (Daftar Pemilih Tetap)," katanya.

"Harapannya tidak sebatas mengamati, tetapi juga bisa terlibat untuk memantau perkembanganya. Silakan masyarakat melaporkan apabila terdapat hal yang kiranya tidak sesuai dengan aturan yang ada," pungkasnya.


(TTD)