Risiko Hamil di Usia 35 Tahun ke Atas

   •    Kamis, 20 Aug 2015 15:54 WIB
kesehatanhamil
Risiko Hamil di Usia 35 Tahun ke Atas
Kesehatan wanita hamil di usia 35 tahun lebih berisiko. (Foto:telegraph)

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak wanita yang sudah menikah namun memutuskan menunda memiliki momongan karena ingin fokus dengan karier atau pendidikan. Tak langsung memiliki anak setelah menikah memang tidak masalah, akan tetapi Anda perlu tahu bahwa semakin tua usia wanita semakin banyak risiko kehamilan yang bisa terjadi.

Dan berikut yang terjadi saat Anda memutuskan untuk memiliki bayi saat usia sudah di atas 35 tahun.

1. Sulit hamil
Ingat, usia 35 tahun memungkinkan Anda kesulitan untuk hamil. Karena tingkat kesuburan wanita berumur30 tahun akan mulai menurun. Memang ada wanita yang masih memiliki bayi sampai usia 41 tahun, tapi itu belum tentu terjadi pada Anda. Jadi, jika ingin punya buah hati, sedangkan usia Anda sudah tua, bicarakan pada dokter Anda dan cari tahu kemungkinan risiko yang Anda dapatkan.

2. Memungkinkan bayi lahir dengan down sindrom
Menurut Institut Nasional Kesehatan (NIH), jika Anda hamil pada usia 25 tahun, kemungkinan memiliki bayi dengan sindrom down satu banding 1250, sedangkan jika Anda hamil pada 40 tahun, kemungkinannya itu hanya satu banding 100. Atau bahkan anak Anda memiliki kelainan kromosom. Dengan kata lain, bayi Anda akan cacat mental atau fisik. Untuk itu, tes genetik bagaimana jika Anda memiliki anak pada kisaran usia 40 tahun.

3. Risiko gestational diabetes 
Semakin tua, memungkinkan Anda berada pada risiko diabetes selama kehamilan. Dan itu bisa berdampak serius bagi Anda dan si cabang bayi. Gestational diabetes gejalanya tidak nampak, sehingga sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum dan juga usahakan selama kehamilan Anda memantau gula darah dan komplikasi yang mungkin timbul.

4. Lebih mungkin operasi caesar
Menurut sebuah studi dalam Web MD, 40 persen dari ibu usia tua melahirkan secara operasi caesar (C-section). Padahal caesar itu hanya boleh dilakukan jika ada komplikasi atau keadaan darurat selama kelahiran saja.

5. Risiko tinggi bayi meninggal
Salah satu risiko memiliki anak ketika Anda lebih tua, bayi Anda cenderung akan meninggal. Ini disebabkan karena ibu berusia tua biasanya memiliki banyak masalah kesehatan yang bisa berefek pada bayinya. Pada intinya, apabila Anda hamil dan usia Anda di atas 35 tahun, pastikan Anda selalu rutin check up dan memastikan kehamilan Anda sehat. (Sumarni/ Lifehack)


(LOV)