Harga Cabai Rawit Merah di Pamekasan Rp60 Ribu per Kg

Agus Josiandi    •    Kamis, 20 Aug 2015 15:58 WIB
cabai
Harga Cabai Rawit Merah di Pamekasan Rp60 Ribu per Kg
Foto: Pedagang di Pasar Polowijo Kolpajung, Pamekasan, Madura, Jawa Timur/MTVN_Agus Josiandi

Metrotvnews.com, Pamekasan: Berbeda dengan daerah lainnya, di Pamekasan, Madura, Jawa Timur, harga cabai rawit merah justru naik. Harga bumbu pedas itu mencapai Rp60 ribu per kilogram.

"Sekarang Rp60 ribu (per kg). Bulan lalu masih Rp45 ribu per kilogram," kata Aliyah, seorang pedagang di Pasar Polowijo Kolpajung, Pamekasan, Kamis (20/8/2015).

Menurut Aliyah, naiknya harga cabai rawit  lantaran stok cabai yang mulai minim,  akibat produksi cabai petani yang menurun karena memasuki musim kemarau. Akibat kekeringan di sejumlah daerah, banyak tanaman cabai yang rusak dan petani pun enggan menanamnya.

"Mungkin karena musim kemarau sehingga petani banyak yang tidak menanam cabai," sambungnya.

Menurut sejumlah pedagang, kenaikan harga cabai tersebut diprediksi masih akan terjadi hingga dua bulan mendatang. Karena produksi masih minim, selama ini para pedagang memilih  mendatangkan cabai dari Surabaya.

"Biasanya dua bulan lagi harga cabai sudah mulai normal kembali, tergantung cuaca juga, dan stok di petani," terang Soleha, penjual cabai lainnya.

Soleha  mengakui,  akibat dari kenaikan harga tersebut, lapak miliknya sepi pengunjung, sehingga omzet yang didapat mulai menurun, karena cabai yang terjual pun semakin sedikit.


(TTD)