6 Artis Ini Pernah Memerankan Tokoh Pahlawan

Dwi Ayu Rochani    •    Kamis, 20 Aug 2015 16:03 WIB
film indonesia
6 Artis Ini Pernah Memerankan Tokoh Pahlawan
Adipati Dolken (Foto:Antara/Rosa Panggabean)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menjadi sebuah kebanggaan jika seorang pemeran diberi kepercayaan memerankan tokoh pahlawan Indonesia. Rasa bangga itu seiring dengan 'beban' berat menghadirkan sang tokoh semirip mungkin, lengkap dengan penjiwaan karakter.

Berikut 6 aktor/aktris yang pernah kebagian peran tokoh pahlawan Indonesia.

1. Adipati Dolken
Adipati Dolken mendapat kesempatan menjadi tokoh penting di sebuah film sejarah berjudul Jenderal Soedirman. Adipati berperan sebagai Soedirman. Demi mendalami karakter Panglima Besar Tentara Nasional Indoenesia itu,  Adipati rela menghitamkan kulitnya dan mengurangi bobot 10 kilogram.

2. Ario Bayu


(Antara/Muhammad Adimaja)

Ario Bayu dipercaya melakoni peran sebagai Presiden RI pertama, Ir Soekarno. Namun sayang, film Soekarno garapan Hanung Bramantyo itu menuai beragam kritik. Salah satu protes datang dari Rachmawati Soekarnoputri.  Dia menganggap Ario Bayu tak cocok memerankan sang Proklamator Kemerdekaan.

3. Baim wong


(Metrotvnews/Dwi Ayu R)

Baim Wong dua kali memerankan Soekarno. Pertama, pada film dokumenter yang rilis pada 28 September 2013, berjudul Ketika Bung di Ende. Di film tersebut, Baim berperan sebagai Soekarno muda, berumur 30. Kemudian, pada film Jenderal Soedirman, Baim memerankan Soekarno pada saat berusia antara 40 hingga 45 tahun.

4. Lukman Sardi


(Youtube)

Lukman Sardi mengasah kemampuan akting dengan menerima peran sebagai KH Ahmad Dahlan pada film berjudul Sang Pencerah. Tak tanggung-tanggung, demi mendalami karakternya di film garapan Hanung Bramantyo, Lukman melakukan riset ke Yogyakarta dan bersua cucu Ahmad Dahlan.

5. Reza Rahadian


(Antara/Regina Safri)

Aktor yang satu ini tak usah diragukan lagi bakat aktingnya. Setelah memerankan BJ Habibie pada film Habibie & Ainun, Reza kembali mendapat peran penting di film biopik berjudul Guru Bangsa: Tjokroaminoto. Pemenang Piala Citra kategori Pemeran Utama Pria Terbaik 2010 dan 2013 itu memerankan HOS Tjokroaminoto.

6. Christine Hakim


(Antara/Irwansyah Putra)

Kepopuleran film Tjoet Nja' Dhien sampai saat ini tak lepas dari akting mumpuni Christine Hakim. Aktris senior ini memerankan dengan baik tokoh Cut Nyak Dien. Film garapan Eros Djarot ini bahkan memboyong Piala Citra kategori Film Terbaik dalam Festival Film Indonesia 1988.


(ROS)