Harga Daging Ayam di Bali Melonjak

Antara    •    Kamis, 20 Aug 2015 16:31 WIB
harga ayam
Harga Daging Ayam di Bali Melonjak
Ilustrasi Harga Ayam. Antara/Wahdi Septiawan.

Metrotvnews.com, Denpasar: Harga daging ayam broiler di sejumlah pasar tradisional di Denpasar, Bali, kembali mengalami lonjakan kisaran Rp500 per kilogram (kg) atau Rp32.500 per kg yang sebelumnya Rp32.000 per kg. Kenaikan ini akibat persediaan ayam potong yang menipis.

"Kenaikan ini disebabkan persediaan stok di pemotong menipis sehingga harga mengalami kenaikan Rp500 per kg," ujar Made Sri, seorang pedagang di Pasar Badung, Bali, Kamis (20/8/2015).

Ia mengatakan kenaikan harga daging ayam itu sangat mencekik leher para pedagang karena kenaikan harga barang itu mempengaruhi omzet penjualan dan cenderung menurun drastis karena sepinya pembeli.

Menurut dia, kenaikan harga daging ayam itu dipengaruhi beberapa faktor yakni daya beli masyarakat yang menurun akibat nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat melemah.

"Namun, kenaikan harga daging ayam saat ini ini belum terlalu tinggi, dibandingkan dengan daerah seperti Jakarta dan di daerah Jawa Barat yang kisaran harga Rp40.000 per kg," ujarnya.

Ia menuturkan, sebelum terjadi kenaikan harga daging ayam, pihaknya mampu menjual sepuluh kilogram daging ayam per harinya. Namun, saat ini pendapatan pedagang tidak menentu akibat sepinya pembeli.

Oleh sebab itu, pihaknya mengharapkan adanya upaya pemerintah dalam menekan lonjakan harga barang itu sehingga menguntungkan semua pihak. 

"Saya meyakini ada solusi terbaik dari pemerintah untuk menekan kenaikan harga ini," ujarnya.

Hal senada diungkapkan Agung Ayu, seorang pedagang di Pasar Kreneng, Denpasar, menerangkan saat ini harga daging ayam kembali melonjak kisaran Rp32.500 per kg, yang sebelumnya Rp32.000 per kg.

"Kenaikan harga ini sudah terjadi sejak kemaren karena stok dari agen sudah mulai menipis akibat persediaan daging ayam potong berkurang," katanya.

Sedangkan, untuk daging ayam kampung ikut mengalami kenaikan hingga Rp10.000 per ekor sejak tiga hari lalu atau saat ini kisaran harga Rp70.000 per ekornya yang sebelumnya Rp60.000 per ekor.

Kepada Bidang Kerjasama dan perlindungan Disperindag Kota Denpasar, Jarot Agung Iswayudi membenarkan terjadi kenaikan harga daging ayam potong disejumlah pasar tradisional di Denpasar Bali, yang rata-rata naik Rp500 per kilogramnya.

"Kenaikan harga daging ayam saat ini disebabkan pengaruh mekanisme pasar," ujar Jarot.





(SAW)