Industri Game Indonesia Bisa Maju, Harus Libatkan 4 Kementerian

Mohammad Mamduh    •    Kamis, 20 Aug 2015 16:39 WIB
games
Industri Game Indonesia Bisa Maju, Harus Libatkan 4 Kementerian
Diskusi bersama IeSPA, Kemenperin, dan AGI, terkait industri game Indonesia. (MTVN/MAMDUH)

Metrotvnews.com, Jakarta: Selain para pelaku industri, laju perkembangan industri game Indonesia juga harus mendapatkan dukungan sepenuhnya dari pemerintah. Untuk itu, setidaknya minimal ada empat kementerian yang harus terlibat: Kementerian Keuangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Kementerian Komunikasi dan Informatika menjadi salah satu pihak utama yang harus melihat peluang industri game. Pasalnya, industri ini sudah pasti memanfaatkan teknologi yang sekarang juga telah dipakai oleh orang banyak. Kita sendiri melihat para pengguna gadget yang suka mengisi waktu luang mereka dengan game.

Kementerian Perindustrian bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (melalui Badan Ekonomi Kreatif) menjadi regulator yang memberikan perliindungan sekaligus aturan yang jelas untuk para pelaku bisnis dalam industri game. Potensi bisnis dalam industri ini sangat besar, sampai saat ini mereka yang sudah berkecimpung dalam bisnis ini masih berjalan sendiri-sendiri.

Langkah konkrit dari pemerintah dalam mendukung perkembangan industri game Indonesia mungkin akan terlihat mulai tahun 2016. Salah satunya adalah dengan mengadakan ajang akbar untuk developer lokal yang didukung langsung oleh Kemenperin.

“Paling cepat kita bisa adakan event besar untuk developer lokal di tahun 2016,” kata Kepala Seksi Iklim Usaha dan Kerja Sama Kementerian Perindustrian, Agus Kurniawan.


(ABE)