Di Balik Keindahan Melati Suci

Aulia I. Salam    •    Kamis, 20 Aug 2015 16:57 WIB
soekarno
Di Balik Keindahan Melati Suci
Guruh Soekarnoputra. (foto: Aulia)

Metrotvnews.com, Jakarta: Melati suci merupakan salah satu lagu terbaik yang diciptakan Guruh Soekarno Putra. Rupanya Guruh menciptakan lagu yang diaransemen Chandra Darusman dengan Tika Bisono sebagai vokalisnya itu khusus untuk seorang wanita.

Siapakah wanita spesial tersebut?

"Dari dulu memang saya ingin persembahkan sesuatu untuk ibu. Karena saya bisa menciptakan lagu maka saya buat Melati Suci ini untuk ibu," ujar Guruh yang Metrotvnews.com temui di kediamannya di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 

Ketika musiknya sedang dikerjakan bersama Chadra Darusman, tiba-tiba saja Guruh ditelepon Sang Bunda yang sedang berada beribadah umroh. Guruh spontan menceritakan dirinya sedang membuat lagu juga tarian untuk Fatmawati Soekarno. 

"Waktu itu ibu menelepon dari Mekkah. Ibu sangat senang di sana sampai bilang seperti melihat surga," kenang putra plokamator Bung Karno ini.

Pada 14 Mei 1980 pagi, datang kabar duka. Bu Fat yang sedang dalam perjalanan pulang menuju Jakarta, tutup usia di Kuala Lumpur. Padahal ketika transit di Kuala Lumpur, Ibu Negara pertama RI ini sempat berbelanja kostum untuk kebutuhan pagelaran tari yang sedang Guruh rancang.

Pagelaran tari Swara Mahardika yang menampilkan lagu Melati Suci, naik pentas beberapa bulan kemudian. "Walau ibu secara fisik tidak menontonnya ketika saya mempersembahkan ini, tetapi saya percaya telah membuat ibu bahagia dengan karya-karya saya," tutup adik kandung Megawati Soekarnoputri tersebut.

Kisah selengkapnya tentang proses penciptaan Melati Suci dapat disaksikan DI VIDEO INI.


(LHE)