Disperindag Denpasar Catat Harga Cabai Alami Penurunan

Antara    •    Kamis, 20 Aug 2015 17:00 WIB
harga cabai
Disperindag Denpasar Catat Harga Cabai Alami Penurunan
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Metrotvnews.com, Denpasar: Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Denpasar, Bali, mencatat harga cabai rawit dan cabai besar di empat pasar tradisional di daerah Denpasar secara rata-rata mengalami penurunan karena distribusi barang dari Jawa dan sejumlah agen distributor lancar.

"Sejauh ini distribusi barang lancar dan petani sudah mulai panen raya sehingga harga cabai rawit dan cabai besar mengalami penurunan harga," kata Kepada Bidang Kerja Sama dan Perlindungan Disperindag Kota Denpasar Jarot Agung Iswayudi, di Denpasar, Kamis (20/8/2015).

Pihaknya memantau dari sejumlah pasar tradisional yakni Pasar Agung, Pasar Badung, Pasar Kreneng, dan Pasar Pula Sari di Denpasar, harga cabai besar rata-rata mengalami penurunan mencapai Rp2.000 per kilogram (kg) atau Rp25.750 per kg dari yang sebelumnya mencapai Rp27.750 per kg.

Sedangkan, untuk harga cabai rawit di pasar itu rata-rata mengalami penurunan harga mencapai Rp6.000 per kg atau Rp56.000 per kg yang sebelumnya di kisaran harga Rp62.000 per kg. "Saya berharap harga cabai tidak melonjakan kembali karena akan berdampak kepada barang kebutuhan pokok lainnya," ujarnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan harga cabai itu, pihaknya terus berupaya melakukan pemantauan harga kesejumlah agen distributor cabai maupun memantau pasar-pasar tradisional di Denpasar, sehingga terjangkau oleh konsumen.

"Saya mengimbau kepada pedagang agar tidak menaikkan barang secara sepihak dan tetap memperhatikan daya beli masyarakat sehingga sama-sama menguntungkan," pungkasnya.


(ABD)