Baru 78 KK yang Menempati Rusun Jatinegara

LB Ciputri Hutabarat    •    Kamis, 20 Aug 2015 17:00 WIB
penggusuran kampung pulo
Baru 78 KK yang Menempati Rusun Jatinegara
Rusun Jatinegara Barat di Jakarta. (Foto: Antara/Vitalis Yogi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Data Dinas Perumahan dan Gedung Provinsi DKI Jakarta menyebutkan, dari seluruh kepala keluarga yang terkena normalisasi Kali Ciliwung di Kampung Pulo, baru 78 kepala keluarga (KK) yang menempati rumah susun (rusun) Jatinegara Barat, Jakarta timur.
 
Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemda DKI Jakarta Ika Lestari Adji mengatakan, seluruh warga Kampung Pulo, Kelurahan Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, dapat menempati unit di rusun Jatinegara Barat.
 
Dari 520 unit rusun, baru 429 KK Kampung Pulo yang mengikuti undian pengambilan kunci. "Warga Kampung Pulo yang sudah mengambil kunci 238 KK dan yang sudah memindahkan barang 142 KK. Namun warga yang menetap baru 78 KK," kata Ika di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Kamis (20/8/2015).
 
Ika menjelaskan, sejak awal pembangunan, Rusunawa Jatinegara memang disiapkan untuk warga Kampung Pulo. Jumlah KK ini sesuai data yang dimiliki tim Panitia Pengadaan Tanah (P2T) Pemkot Administrasi Jakarta Timur. "Sejak 10 Juni lalu kita sudah sampaikan jika butuh tenaga memindahkan barang kita akomodir," katanya.
 
Menurut Ika, seharusnya setelah rusunawa selesai dibangun, warga langsung pindah. Karena lahan yang mereka tempati selama puluhan tahun di Kampung Pulo milik negara. "Kita berharap warga langsung ambil kunci dan segera menempati rusun," ujarnya.


(FZN)