Ini 12 Judul Buku yang Lolos Seleksi Literasi

Intan fauzi    •    Kamis, 20 Aug 2015 17:02 WIB
pendidikan
Ini 12 Judul Buku yang Lolos Seleksi Literasi
Buku yang diseleksi untuk digunakan dalam Gerakan Literasi Sekolah. (Foto:MTVN/Intan Fauzi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) masih menggunakan buku-buku lama milik negara yang dicetak oleh Pusat Bahasa untuk gerakan literasi sekolah. Dari 446 buku hanya 58 judul yang masuk dalam kategori layak baca dan baru 12 yang sudah dicetak.
 
Staf Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan (PPSDK) Tri Amanat mengatakan, buku yang dimiliki Pusat Bahasa ada 446 buah. Semua melalui proses yang ketat agar buku menjadi layak dibaca oleh anak didik. "Semua buku yang masuk harus diseleksi dengan ketat,” kata Tri kepada Metrotvnews.com di Hotel Kartika Chandra, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (20/8/2015).
 
Sementara ini baru ada 58 judul buku yang masuk dalam kategori layak baca. Sisanya masih dalam proses penyeleksian. "Kita masih proses. Kegiatan literasi sekolah ini kan baru berjalan," imbuhnya.
 
Dari 58 judul buku, baru 12 yang dicetak. Untuk masing-masing judul, sekolah diberikan 10 eksemplar sehingga sekolah mendapat 120 eksemplar. "Kemarin dibagi baru 12 judul masing-masing buku ada 10 eksemplar jadi ada 120 eksemplar buku yang dibagikan ke sekolah-sekolah," katanya.
 
Berikut adalah judul buku yang lolos seleksi literasi:
1. Misteri di hutan rimba
2. Miaduka
3. Sandima
4. Elang Dempo Menetaskan Bujang Berkurung di Istana Jelita
5. Bertamasya ke Surga
6. Dewi Anggraeni si Putri Karandan
7. Putra Anom dan Putri Tanjung Menangis
8. Kisah Ahmad Maulana
9. Langit Kelabu di Atas Kali Kuto
10. Kisah Seorang Istri yang Cerdik
11. Imam Rail Pejuang dari Kuala Cinaku
12. Ngkaa-Ngkaasi dan Putri Raja Bab


(FZN)