JK Nilai Kenaikan Harga Daging Ayam dan Sapi Berkaitan

Dheri Agriesta    •    Kamis, 20 Aug 2015 19:06 WIB
daging ayam
JK Nilai Kenaikan Harga Daging Ayam dan Sapi Berkaitan
Wakil Presiden Jusuf Kalla--Foto: MTVN/Rizky Ferdyansyah

Metrotvnews.com, Jakarta: Pedagang ayam potong memutuskan mogok berjualan karena harga daging ayam yang melonjak hingga Rp40.000.

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebut, kenaikan harga daging ayam berhubungan dengan dinamika harga daging sapi.

"Ini kan daging ayam ada hubungannya dengan daging sapi. Daging sapi naik, orang beralih ke daging ayam, yang biasa makan sate sapi jadi sate ayam. Biasanya makan steak kini makan ayam goreng, karena (daging sapi) mahal," kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (20/8/2015).

Permintaan daging ayam yang tiba-tiba melonjak membuat harga daging ayam menjadi naik. JK yakin, jika harga daging sapi turun dan masyarakat kembali menyesuaikan diri, harga daging ayam akan turun.

"Jadi kalau daging sapi turun, maka yang ini (daging ayam) akan turun juga," kata JK.

Meski begitu, pemerintah tak hanya berharap harga daging sapi turun agar harga daging ayam kembali normal. Pemerintah juga menambah suplai daging sapi, bahkan mengimpor daging sapi untuk membuat pasar kembali normal.

"Pemerintah menambah suplai daging sapi, impor juga dibolehkan, sehingga diharapkan pasti kalau daging sapi turun, maka daging ayam akan turun," tandas JK.


(MBM)