Ini Kejahatan Bisnis Hulu Migas di Palembang

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 20 Aug 2015 19:19 WIB
pertamina
Ini Kejahatan Bisnis Hulu Migas di Palembang
Pertamina EP Asset 2. FOTO: MTVN/Annisa Ayu Artanti

Metrotvnews.com, Palembang: PT Pertamina EP Asset 2 menyatakan ada banyak upaya kejahatan seperti sabotase pencurian yang terjadi di salah satu lumbung migas terbesar di Indonesia, yakni seperti di Prabumulih.

General Manager PT Pertamina EP Asset 2 Prabumulih Ekariza mengungkapkan bahwa dalam menjalankan bisnis dibidang ini terdapat banyak tantangan. Tantangan tersebut bukan hanya datang dari dalam seperti hal teknis tapi juga datang dari luar seperti pencurian yang beberapa kali telah terjadi.

"Selain masalah teknis, banyak juga permasalahan sosial yang dapat mengganggu operasional seperti upaya pencurian fasilitas produksi, pencurian minyak, sabotase, dan beberapa hal lain," kata Ekariza, di Kantor Pertamina EP Asset 2 Prabumulih, Palembang, Kamis (20/8/2015).

Ia menjelaskan, di Asset 2 Prabumulih ini ada sepanjang lebih dari 700 kilometer (km) panjang rute transportasi pencarian migas yang terbagi menjadi dua rute pipa yaitu rute Limau-Prabumulih hingga ke Plaju sepanjang 391 km dan rute Pendopo-Adera hingga ke Plaju sepanjang 330 km.

Berdasarkan data yang dipaparkan oleh Ekariza, selama ini ada beberapa model pencurian mulai dari yang dengan sengaja membuang puntung rokok sampai obat nyamuk yang menyebabkan kebakaran di sepanjang rute transportasi migas. Namun, Pertamina EP telah melakukan sejumlah pengamanan agar hal tersebut tidak kembali terjadi.

Ia mengungkapkan Pertamina EP telah melakukan pengamanan selama 24 jam agar transportasi migas berjalan lancar. "Selama 24 jam penuh kami beroperasi mengamankan produksi migas agar berjalan lancar dan dapat memenuhi kebutuhan energi bagi Indonesia terutama di wilayah Sumatera Selatan," pungkas dia.


(ABD)

Fahri Sebut Nazaruddin Kesal Asimilasinya Ditunda

Fahri Sebut Nazaruddin Kesal Asimilasinya Ditunda

3 hours Ago

Fahri membeberkan, di dalam Lapas Nazar memiliki body guard yang bertugas melindungi dan …

BERITA LAINNYA