Zaphanza, Jaket Gunung Pengurang Beban Ciptaan Mahasiswa IPB

Yudi Irawan    •    Kamis, 20 Aug 2015 19:25 WIB
unik
Zaphanza, Jaket Gunung Pengurang Beban Ciptaan Mahasiswa IPB
Jaket zaphanza. Foto: IPB

Metrotvnews.com, Bogor: Mahasiswa Institut Pertanian Bogor membuat inovasi dengan membuat jaket gunung serbaguna bernama zaphanza. Jaket hasil kreasi mereka ini dibuat untuk mengurangi beban tas saat mendaki gunung. Jaket bisa menampung beban hingga empat kilogram.

Adalah Muhamad Zahwan Jamaludin, Muhamad Ikhwan Hanif, Reza Fahmi, Panji Laksono, dan Venza Roma Saputra, yang punya ide kreatif membuat zaphanza. Jaket ini bisa menampung barang hampir di setiap bagiannya.

Pendaki tak perlu repot lagi memasukkan tenda, rangka tenda, kotak P3K, kompas, ponsel, maupun sarung tangan ke dalam tas. "Zaphanza sudah bisa menampungnya," kata Zahwan, Kamis (20/8/2015).

Jaket ini juga dilengkapi celana antiair yang dapat digunakan sewaktu-waktu pada bagian belakang jaket. Pada bagian kepala terdapat penutup wajah yang dapat berfungsi sebagai tas tidur.

Zahwan menceritakan, ide kreatif membuat zaphanza muncul saat mereka sedang mendaki gunung. "Kami selalu kesulitan membawa tas besar dan tinggi," ujarnya. Dia mengatakan jaket ini membuat pendaki tak perlu membawa tas besar untuk naik gunung.

Bahan luar jaket ini sendiri memakai taslan. Di bagian dalam memakai bahan polar. Selain itu, saat malam hari bagian garis pada jaket tersebut dapat menyala karena berbahan skotlet.

Mereka berharap jaket ini digemari para pendaki gunung dan bisa memproduksi lebih banyak. Saat ini zaphanza hanya diproduksi ketika ada yang memesan lewat media daring. "Harganya Rp350 ribu," katanya. Anda berminat?


(UWA)