Pilkada Surabaya

Tak Mau Perlihatkan Surat Rekomendasi, Ombudsman Curigai KPU

Amaluddin    •    Kamis, 20 Aug 2015 19:53 WIB
pilkada serentak
Tak Mau Perlihatkan Surat Rekomendasi, Ombudsman Curigai KPU
Ilustrasi pilkada. --MTVN

Metrotvnews.com, Surabaya: Kepala Perwakilan Ombudsman Jawa Timur, Agus Widiyarta, mencurigai sikap Komisi Pemilihan Umum Kota Surabaya yang tak mau memperlihatkan surat rekomendasi dukungan PAN terhadap pasangan Rasiyo-Dhimam Abror Djuraid.

Agus juga mempertanyakan sikap KPU yang enggan memperlihatkan berkas apa saja yang telah dikembalikan dua pasangan calon pemilihan kepala daerah Kota Surabaya, Tri Rismharini-Whisnu Sakti Buana dan Rasiyo-Dhimam Abror Djuraid.

"Seharusnya KPU lebih terbuka. Karena pilkada ini sudah menjadi persoalan publik. Sudah menjadi kewajiban KPU untuk transparan," ujar Agus, di Surabaya, Kamis (20/8/2015).

Meski begitu, Agus belum mau mengategorikan sikap KPU ini sebagai upaya maladministrasi dalam penyelenggaraan pilkada. Lagi pula, Ombudsman yang bertugas mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik, belum menerima pengaduan dari masyarakat.

"Kalau memang ada aduan, misalnya dari pihak yang merasa dirugikan, dan ini berkaitan dengan publik, tentu akan kami tindaklanjuti," ujarnya.


(UWA)