Tolak Investor Asing, Pemerintah Tunjuk Pertamina Kelola TPPI

Dheri Agriesta    •    Kamis, 20 Aug 2015 19:58 WIB
pertamina
Tolak Investor Asing, Pemerintah Tunjuk Pertamina Kelola TPPI
Pertamina. MI/ROMMY PUJIANTO

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla mengadakan rapat terbatas membahas aset PT Trans Pacific Petrocemichal Indotama (TPPI). Pertamina akan ditunjuk untuk mengelola aset TPPI itu dalam waktu dekat.

"TPPI itu kan aset pemerintah, negara. Itu tinggal kita putuskan, pokoknya harus kembali ke negara untuk dikelola oleh Pertamina karena kita butuh industri aromatik seperti itu untuk menambah kapasitas‎ dalam negeri," kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (20/8/2015).

Pemerintah akan menunggu proses hukum PT TPPI selesai terlebih dahulu. Walau akan menyerahkan pengelolaan PT TPPI kepada Pertamina, pemerintah tak akan menghentikan proses hukum yang sedang berjalan.

Kata JK, setelah permasalahan hukum selesai, pengelolaan TPPI harus kembali ke negara. JK pun yakin pemerintah dapat mengelola PT TPPI melalui Pertamina. Ia pun menutup kemungkinan investor asing yang ingin masuk. 

Bahkan, JK menegaskan akan menolak proposal pengelolaan dari pihak asing, termasuk PT Medco Energi International. 

"Tidak diterima. Ini tetap di tangan pemerintah karena pemerintah sudah punya saham 60 persen. Saya tegaskan supaya tidak ada yang macam-macam," pungkas JK.



(SAW)