PM Yunani Mundur, Desak Percepatan Pemilu

Fajar Nugraha    •    Jumat, 21 Aug 2015 04:39 WIB
yunani
PM Yunani Mundur, Desak Percepatan Pemilu
PM Tsipras memutuskan mundur (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Athena: Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras mengumumkan pengunduran diri dari jabatannya. Tsipras mendesak dilakukannya percepatan pemilu parlemen.

Pria yang merasa yakin bisa membawa Yunani keluar dari krisis ini, mengumumkan pengunduran dirinya pada Kamis (20/8/2015). Keputusan ini diambil setelah Partai Syriza yang dipimpinnya menolak reformasi yang diinginkan para pemimpin Uni Eropa untuk Yunani.

"Dengan suara kalian, Anda akan memilih siapa yang akan memimpin Yunani keluar dari krisis ini," ujar Tsipras, seperti dikutip CNN, Jumat (21/8/2015).

"Saya akan meminta suara rakyat Yunani untuk mendukung pemerintah dan mengungkap program-program (perbaikan ekonomi)," tegasnya.

Pengumuman oleh Tsipras dilakukan beberapa bulan setelah parlemen sepakat untuk mengambil langkah pemulihan ekonomi. Langkah ini termasuk meningkatkan pajak penjualan dan menghapus sistem pensiun, demi memungkinkan Yunani mendapatkan program dana talangan sebesar 86 miliar euro.

Usai membacakan pengumumannya, perdana menteri yang naik ke tampuk kekuasaan akhir Januari lalu ini melakukan pertemuan dengan Presiden Prokopis Pavlopoulos.

Tujuan pemerintahan Tsipras adalah melaksanakan pemilu 20 September. Melalui pemilu ini Tsipras bermaksud untuk melawan penolakan di dalam tubuh Partai Syriza dan mendapatkan dukungan publik mengenai program dana talangan yang tengah dia negosiasikan.

Yunani yang terjerembab dalam krisis ekonomi, menerima dana talangan ketiganya setelah 2010. Pada Kamis, Yunani sudah mendapatkan kucuran dana sebesar 26 miliar euro.

Partai Syriza sebelumnya melakukan protes menentang reformasi ekonomi yang dilakukan pemerintahan Tsipras. Namun pada Juli 2015 lalu, Tsipras dan pihak parlemen menerima program reformasi itu setelah Yunani masuk ke dalam jurang kebangkrutan.
 


(FJR)