On This Day: Michael Phelps Raih Delapan Medali di Satu Ajang Olimpiade

Rendy Renuki H    •    Jumat, 21 Aug 2015 06:40 WIB
olahragapada hari ini
<i>On This Day</i>: Michael Phelps Raih Delapan Medali di Satu Ajang Olimpiade
Michael Phelps (Foto: RONALD MARTINEZ / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Metrotvnews.com, Athena: Hari ini, 21 Agustus 2004 lalu, perenang andalan Amerika Serikat Michael Phelps mampu meraih delapan medali pada satu kali ajang Olimpiade yakni saat berlangsung di Athena. Phelps berhasil memecahkan rekor perenang AS lainnya Mark Spitz dengan tujuh medali dalam satu Olimpiade.

Menyelesaikan lomba terakhir final 4x100 meter estafet, Phelps meninggalkan arena Olimpiade mengantongi enam emas dan dua perunggu. Saat itu, torehan medalinya pun menyamai rekor atlet senam Uni Soviet Aleksandr Dityatin dalam pencapaian medali tunggal.

Phelps mengawali rekor dunianya dalam pertandingan pertamanya di nomor 400 meter gaya ganti perorangan. Ia pun membuat rekor waktu tercepat Olimpiade Athena di nomor 100 meter kupu-kupu, 200 meter kupu-kupu, dan 400 meter gaya ganti perorangan. 

Perenang 30 tahun ini pun meraih perunggu di nomor 200 dan 4x100 meter gaya bebas. Phelps menambah pundi-pundi medalinya memasuki hari terakhir kompetisi dengan lima emas.

Sejak saat itu, Phelps menjadi atlet berbakat yang paling bersinar dalam sejarah Olimpiade. Setelah penampilannya di Olimpiade London 2012, kini Phelps total telah mengoleksi 22 medali termasuk 18 diantaranya medali emas. (History.com)


(REN)